Didaulat Jadi Narasumber HPI, Indah Bahas Pentingnya Bertani

FOTO: ISTIMEWA

Fajar.co.id, Luwu Utara — Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, didaulat sebagai salah satu narasumber pada seminar nasional dalam rangka hari perempuan internasional. Kegiatan diselenggarakan di aula lagaligo kantor Bupati Luwu Utara, Rabu (11/3/2020).

IDP sapaan akrab Bupati Luwu Utara dicerca pertanyaan mengenai komitmen pemerintah daerah dalam mengawal para pejuang pangan yang ada di Luwu Utara.

Sebagai seorang perempuan pencetak sejarah Bupati perempuan pertama di Sulsel, IDP membeberkan kondisi kabupaten Luwu Utara di hadapan para peserta seminar bahwa 75 persen penduduk Luwu Utara adalah petani.

"Terkadang ada beberapa lahan yang dikelola masyarakat dalam bertani adalah bukan hak milik tanah mereka. Itu karena memang di Luwu Utara masih banyak wilayah yang masuk dalam kawasan hutan lindung, namun pemerintah daerah terus berupaya, Alhamdulillah baru-baru ini ada puluhan ribu petak tanah telah dibebaskan statusnya untuk dimanfaatkan oleh masyarakat," beber peraih penghargaan pelayan publik ini.

Tidak sampai di situ, lanjut ibu dua anak ini, setalah status tanah ini telah jelas, selanjutnya adalah memastikan lahan yang dimiliki itu dikelola dengan baik.

"Kita tidak perlu berbicara luas lahan, mari mengajak masyarakat melihat aset yang kita miliki kemudian mari dikelola secara maksimal agar memiliki nilai tambah bagi masyarakat. Karena rugi kalau kita punya aset luas namun tidak terkelola dengan baik," pungkas IDP.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam


Comment

Loading...