Inilah Manfaat Menjaga Wudu Sepanjang Hari

Rabu, 11 Maret 2020 11:24

Ilustrasi/fajar.co.id

FAJAR.CO.ID — Wudhu adalah suatu amalan yang harus dilakukan oleh seorang Muslim jika hendak melaksanakan salat. Sebenarnya amalan berwudhu itu tidak hanya harus dilakukan ketika hendak beribadah saja, namun juga dalam keadaan apapun ketika beraktivitas sehari-hari. Muslim yang senantiasa selalu menjaga wudhunya akan mendapatkan banyak pahala dan keutamaan.

Pertama, dirinya akan selalu dicintai oleh Allah SWT.

Sebagaimana firmannya:

“Innallaha Yuhibbut tawwabin wa yuhibbul muthathahhirin”

Artinya:

“Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertobat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.” (QS. Albaqarah [2]: 222)

Orang yang dicintai Allah SWT pastinya memiliki berbagai keutamaan, salah satunya ialah doa yang senantiasa selalu dikabulkan oleh-Nya.

Kedua, menghindarkan diri dari perbuatan dosa dan maksiat. Orang yang selalu menjaga wudhunya akan memiliki ‘benteng’ hati yang menahannya ketika akan melakukan perbuatan dosa dan maksiat.

Baca Juga: Wudu Bisa Hindarkan Diri dari Serangan Virus Corona

Karena kamu sudah mengetahui berbagai keutamaan wudhu, ada baiknya kamu mengetahui sunah-sunah dalam berwudhu sebagaimana dilansir laman NU Online. Dalam kitab Matn Ghayah At-Taqrib karya Syekh Abu Syuja’ Al-Asfahani, beliau menyebutkan bahwa ada 10 perkara yang sunah untuk dilakukan ketika berwudhu:

“Ada sepuluh sunah dalam berwudhu, yaitu membaca basmalah, membasuk kedua telapak tangan sebelum memasukannya ke dalam tempat air, berkumur, menghirup air ke dalam hidung, mengusap bagian luar dan dalam telinga dengan air yang baru, menyela-nyela rambut jenggot yang tebal, menyela-nyela jari-jari tangan dan kaki, mendahulukan anggota badan yang kanan dari yang kiri, tiga kali basuhan, dan berturut-turut.” (arah)

Bagikan:

Komentar