Kunjungan Wisatawan Mancanegara Menurun

Kepala BPS Sulsel, Yos Rusdiansyah.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Selatan kembali merilis data terbaru terkait kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) yang masuk melalui pintu Makassar pada Januari 2020. Diketahui, terjadi penurunan yang cukup drastis, sebesar 26,80 persen.

Kepala BPS Sulsel, Yos Rusdiansyah, membenarkan hal tersebut. Ia mengaku penurunan terjadi karena pada bulan januari bukan waktu musiman untuk berlibur.

"Banyak faktor yang menyebabkan menurunnya kunjungan pariwisata yang masuk melalui pintu Makassar tapi salah satunya itu karena memang di bulan Desember itu puncak liburan karena menjelang tahun baru banyak wisman yang berkunjung tapi memasuki Januari itu sudah bukan musim liburan," ucapnya saat dikonfirmasi, Rabu (11/3/2020).

Diketahui, kunjungan wisatawan pada Desember 2019 sebanyak 1821 kunjungan sementara pada Januari 2020 turun hanya 1333 kunjungan.

Ia mengaku selain tingkat kunjungan wisatawan mancanegara mengalami penurunan juga berdampak pada hunian kamar atau hotel berbintang di Sulsel. Pasalnya, kurangnya wisatawan mancangera yang ingin menginap di hotel-hotel tersebut mengakibatkan tingkat ekonomi hotel pun ikut berkurang.

"Untuk Tingkat Penghunian Kamar (TPK) juga mengalami penurunan untuk hotel berbintang di Sulawesi Selatan jadi pada desember 2019 mencapai 56,11 persen kemudian di bulan januari 2020 turun mencapai 48,14 persen, dengan rata-rata lama menginap tamu asing dan domestik yaitu 3,34 hari dan 1,85 hari," tutupnya.

Penurunan yang terjadi pada TPK di Sulawesi Selatan dapat dipresentasekan mengalami penurunan hingga 7,97 persen. Diketahui BPS akan kembali merilis data terbaru terkait kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada April 2020 terkait mewabahnya virus corona. (Qyswanty)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam

Comment

Loading...