Pasien Corona Terus Bertambah, Ini Desakan Puan Maharani

Ketua DPR RI Puan Maharani (jawa pos)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Ketua DPR Puan Maharani mendesak pemerintah untuk bergerak cepat menangani virus korona. Pasalnya, jumlah pasien Covid-19 makin hari terus bertambah.

“Karena itu, tidak bisa ditunda lagi, kondisi darurat ini membutuhkan gerak cepat dari pemerintah yang terukur, terkoordinasi dan sesuai standar protokol WHO,” ujar Puan kepada wartawan, Rabu (11/3).

Puan juga mengatakan, sejak wabah ini merebak, sudah berkali-kali mengingatkan pemerintah agar segera membentuk Tim Nasional penanganan wabah Virus Korona yang bersifat terpusat agar penanganan wabah korona terkoordinasi, terpadu, dan terintegrasi.

“Dalam operasionalnya, tim nasional ini dapat berbentuk Satuan Gugus Tugas yang bersifat lintas kementerian dan lintas daerah, sehingga upaya-upaya penangannnya terukur dan memenuhi protocol standar WHO,” katanya.

Oleh sebab itu, DPR mendesak pemerintah meningkatkan penapisan massif untuk mencegah penyebaran Virus Korona. Proses screening dan pengambilan sampel warga yang terindikasi gejala virus korona harus diperbanyak sehingga meminimalisir kebocoran data warga yang terpapar Covid-19.

“Proses penapisan massif ini harus diikuti langkah-langkah isolasi yang disiplin kepada mereka yang positif Korona dengan mencegah pergerakan. Sehingga mengurangi rosiko penularan lokal,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Puan juga mendesak pemerintah segera bekerja sama dengan komunitas-komunitas internasional dalam upaya mengatasi wabah Korona, termasuk mengadopsi pengalaman-pengalaman negara lain yang berhasil meredam wabah Korona tanpa korban jiwa.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah umar


Comment

Loading...