Preview PSG vs Dortmund: Hapus Trauma

Rabu, 11 Maret 2020 14:58

Kylian Mbappe akan jadi andalan PSG/psg.fr

FAJAR.CO.ID, PARIS—Paris saint Germain (PSG) ingin mengakhiri trauma selalu tersingkir di babak 16 besar Liga Champions. Meski tanpa dukungan suporter, mereka siap melibas Borussia Dortmund di Parc des Princes.

KEKALAHAN dramatis 1-6 dari Barcelona di leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2016/2017 yang membuat mereka tersingkir dengan agregat 5-6 meninggalkan trauma berat bagi PSG. Di dua musim berikutnya, mereka seolah tak bisa lepas dari nasib buruk sama.

Pada musim 2017/2018, ketika mereka diharapkan bangkit dari kekalahan 1-3 di kandang Real Madrid, PSG malah kehilangan Neymar di laga penentuan di Paris. Tanpa pemain termahal dunia itu, performa hebat mereka tak muncul dan akhirnya kalah 1-2 dalam laga yang diwarnai kartu merah Marco Verratti.

Musim lalu, hal yang tak kalah menyakitkan kembali menimpa di babak 16 besar. Menang 2-0 di markas Manchester United, mereka seperti akan lolos dengan mudah. Namun, hantu kegagalan ternyata masih mengikuti. Secara mengejutkan mereka kalah 1-3 di Paris dan tersingkir karena kalah agresivitas gol tandang.

Rentetan tiga kegagalan beruntun di babak 16 besar itu coba mereka akhiri, dinihari nanti di Paris. Walau kalah 1-2 di leg pertama dan harus bermain tanpa penonton, mereka cukup percaya diri kali ini bisa menangkal mimpi buruk babak perdelapan final.

Kalau melihat sepak terjang mereka di tiga pertandingan terakhir, optimisme itu sepertinya sangat masuk akal. Di tiga laga pasca kalah di Signal Iduna Park pada leg pertama lalu, PSG tampil menggila. Tak hanya menyapu bersih kemenangan di liga domestik, mereka juga mencetak banyak gol.

Setelah menang 4-3 atas Berdeaux, anak asuh Thomas Tuchel menghajar Dijon dan Lyon dengan kemenangan empat gol. Pada laga terakhir kontra Lyon, 4 Maret lalu, klub terkaya kelima dunia itu menang 5-1 dalam laga tandang.

“Kami sangat gembira setelah menang atas Lyon. Ada atmosfer bagus di ruang ganti. Para pemain menikmati bermain, bertarung, dan bekerja sama. Tim ini dalam momen bagus dan saya harap mereka bisa menunjukkan semangat yang sama,” kata Tuchel di situs resmi PSG.

Meski tanpa Ander Herrera yang cedera, serta Thomas Meunier dan Verratti yang mendapat akumulasi kartu, PSG dalam kondisi siap tempur dan sangat bugar. Itu setelah pertandingan pekan ke-28 Ligue 1 kontra Strasbourg ditunda akibat virus corona.

Kylian Mbappe kembali akan menjadi tumpuan serangan PSG. Ia akan berduet Neymar yang di leg pertama tidak dalam kondisi terbaiknya akibat baru pulih dari cedera. “Dia berjuang melawan Dortmund. Reaksinya sejak saat itu sangat mencengangkan, di setiap sesi latihan. Dia dalam kondisi sangat baik,” jelas Tuchel dikutip Super Sport.

Karena pentingnya laga ini, petinggi PSG mencoba mengurangi beban Tuchel yang seperti Unai Emery dan Laurent Blanc juga ditarget juara Liga Champions. Dalam sebuah wawancara dengan Canal Plus, Direktur Olahraga PSG, Leonardo menegaskan, laga kontra Dortmund bukan pertandingan hidup mati mereka. “Itu bukan hidup atau mati. Jika kita kalah kita akan mencoba lagi tahun depan. Kami harus menghentikan semua hal negatif. Kami memiliki tim yang fantastis dan pemain yang fantastis,” tegas Leonardo.

Bagikan berita ini:
5
7
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar