Seleksi 864 Calon PPS, KPU Fokus 3 Hal

Proses wawancara calon PPS di Pilwakot Makassar. (Fajar/Mirsan)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar melakukan tes wawancara calon Panitia Pemungutan Suara (PPS),11-13 Maret di Swiss-Belhotel Makassar.

Sebanyak 864 orang pendaftar yang telah dinyatakan lulus tes Computer Assisted Test (CAT) mengikuti tes tersebut. Nantinya, mereka akan menjadi PPS di 153 kelurahan yang ada di 15 kecamatan.

Pantau fajar.co.id, di hari pertama tes wawancara untuk Kecamatan Tamalate, Manggala, Mariso, Mamajang, dan Makassar. Selain komisioner KPU Makassar, pewawancara juga dilakukan untuk Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK).

Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, SDM dan Partisipasi Pemilih KPU Makassar, Endang Sari berharap proses seleksi PPS bisa berjalan seperti penerimaan PPK yang telah rampung.

“Yang harus dimiliki PPS ada tiga hal dan sama dengan PPK. Integritas, independensi, dan profesionalisme kerja sebagai penyelenggara pemilu,” kata Endang ditemui di sela-sela proses wawancara.

Endang merinci PPS harus memiliki profesionalisme dengan kemampuan memahami aturan dan teknisi kepemiluan serta mampu bekerja sama dalam tim.

“Kalau independensi itu tidak memiliki afiliasi dengan tim sukses, partai dan calon. Terakhir soal integritas ini soal kejujuran dari penyelenggara kita,” jelasnya.

KPU Makassar berharap masalah pada PPS yang terjadi di pemilu berikutnya tak terulang lagi. Karena itu, mereka yang ikut wawancara juga dipelajari rekam jejaknya. Bahkan KPU membuka kesempatan bagi masyarakat memberikan masukan terkait calon PPS. (mirsan/fajar)

Komentar

Loading...