Cegah Penyebaran Covid-19, Unhas Sediakan Hand Sanitizer Produk Sendiri


FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Sebagai bentuk tanggung jawab sosial dalam upaya penanggulangan penyebaran virus Covid-19, Universitas Hasanuddin melalui Fakultas Farmasi menyediakan cairan pembersih tangan (hand sanitizer), yang siap digunakan kalangan sivitas akademika dan tamu di lingkup Unhas.

Dekan Farmasi Unhas, Subehan menjelaskan, ide membuat hand sanitizer ini sebenarnya sudah ada sejak setahun lalu. Namun, setelah melalui proses riset, ada penyempurnaan bahan yang digunakan, agar sesuai dengan standar World Health Organization (WHO).

“Produksi hand sanitizer merupakan salah satu bagian dari Center of Excellence Fakultas Farmasi. Sebelumnya kita sudah melakukan penyempurnaan produk. Setelah kasus Covid-19 mulai merebak, kami kemudian mempercepat proses penyempurnaan. Ini menjadi momen memperkenalkan hasil karya, sekaligus sebagai bentuk tanggung jawab sosial kita, paling tidak untuk kalangan sivitas akademika Unhas,” jelas Subehan, Kamis, 13 Maret.

Lebih lanjut, Subehan menambahkan bahwa produk hand sanitizer tersebut sudah melalui tahap uji coba dan sesuai dengan standar yang ditetapkan. Namun, produk ini belum bisa disebarkan secara luas kepada masyarakat karena belum memiliki izin edar dari pemerintah.

“Saat ini digunakan kalangan sivitas akademika Unhas saja, setidaknya persediaan Unhas tercukupi. Kita belum bagi ke masyarakat, mengingat kondisi di mana ada beberapa kalangan menimbun produk seperti ini. Kita khawatirkan ada yang mengumpulkan kemudian mengkomersilkan secara pribadi. Kami berkomitmen untuk menyediakan produk Farmasi yang dibutuhkan masyarakat. Sekarang kita sedang mengurus surat izin edar,” lanjut Subehan.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...