Lapan Lacak Asteroid Apollo Dekat Bumi di Awal Mei 2020

0 Komentar

Ilustrasi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyebut, sebuah asteroid Apollo akan mendekati bumi pada Kamis, 7 Mei 2020 pukul 21.48 Universal Time atau Jumat, 8 Mei 2020 pukul 04.48 WIB pada jarak 1,66 juta kilometer.

Pada situs resmi LAPAN ditulis, Asteroid Apollo yang juga disebut Asteroid 2016 HP6 diprediksi berukuran antara 23 hingga 52 meter dengan magnitudo absolut +25,3 jika diamati pada jarak 1 SA dari Matahari dan pengamat.

“Asteroid ini memiliki kecepatan relatif 5,72 kilometer per detik ketika mendekati Bumi,” terang LAPAN.

Melihat dari ukuran dan jaraknya dengan bumi, LAPAN menegaskan bahwa objek ini tidak dapat dikategorikan sebagai objek berpotensi bahaya.

Menurut LAPAN, beberapa asteorid Apollo bisa menjadi ancaman bagi penduduk bumi apabila berada pada jarak yang sangat dekat dengan Bumi.

“Seperti Meteor Chelyabinsk yang memasuki atmosfer Bumi dan meledak di langit kota Chelyabinsk, Rusia pada 15 Februari 2013 silam dengan ukuran 17 meter,” jelasnya.

Sementara itu para ahli memperkirakan bahwa benda jatuh alami yang besarnya sama dengan pecahan meteorit di Chelyabinsk terjadi sekali atau dua kali dalam 100 tahun.

Benda jatuh alami yang lebih besar diperkirakan sangat jarang terjadi dalam skala ratusan hingga ribuan tahun. (endra/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...