Wamentan Belanda dan Dirjen Hortikuktura Kunjungi EWINDO, Dorong Kualitas Benih Nasional

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, PURWAKARTA — Vice Minister Agriculture, Nature and Food Quality (Wakil Menteri Pertanian) Belanda, Jan-Kees Goet melakukan kunjungan bersama dengan Direktur Jenderal Hortikultura, Prihasto Setyanto. Goet dan Anton mengunjungi PT East West Seed Indonesia (EWINDO) di kawasan Cempaka, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (12/3).

EWINDO adalah salah satu perusahaan yang memproduksi aneka benih terbesar. Mulai dari sayuran hingga buah-buahan.

Dalam giat kunjungan tersebut, Goet dan Anton berkeliling melihat sejumlah fasilitas dan lahan pertanian milik EWINDO. Kedua juga saling bertukar gagasan ihwal prospek pengembangan industri benih nasional.

“Kunjungan Bapak Wakil Menteri Pertanian Belanda hari ini, pertama ingin melihat perkembangan industri benih. EWINDO seperti kita ketahui sudah 30 tahun berkiprah, kontribusinya besar,” ujar Anton kepada awak media.

Dia menyebut peran perusahaan seperti EWINDO patut diacungi jempol. Saat ini, kata dia, ekspansi EWINDO sudah menembus pasar ekspor.

“Mereka juga komitmen memberdayakan para petani dengan berbagai pelatihan,” tambah alumnus Universitas Brawijaya tersebut.

Terkait diskusinya dengan Goet, Anton menjelaskan bahwa kedua belah pihak siap membangun sinergi bersama. Utamanya dalam meningkatkan kualitas benih nasional.

“Nanti transfer of technology, pelatihan-pelatihan, hingga penelitian untuk benih,” tambah dia.

“Di sana (Belanda) memiliki industri benih yang maju, dan banyak tenaga kita yang dilatih di sana. Sekarang bisa lihat PT EWINDO jadi industri benih nasional yang luar biasa, salah satunya berkat andil mereka,” lanjut Anton.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar