Wamentan Belanda dan Dirjen Hortikuktura Kunjungi EWINDO, Dorong Kualitas Benih Nasional

  • Bagikan

Komitmen Berdayakan Petani Lewat Benih

Senada, Managing Director PT East West Seed lndonesia Glenn Pardede mengatakan pihaknya bangga untuk kedua kalinya menerima kunjungan dari pejabat tinggi pemerintahan Belanda ini. Hal ini merupakan bentuk apresiasi dan dukungan atas upaya yang dilakukan oleh sektor swasta, untuk turut memajukan industri hortikultura nasional khususnya di bidang perbenihan.

Glenn menambahkan, pada kunjungan tahun 2013 lalu Menteri Pertanian Belanda saat itu Sharon Dliksma pernah hadir berkunjung ke EWINDO sebagai bentuk perhatian dalam upaya mengembangkan hortikultura di Indonesia.

“EWINDO sendiri dalam tiga tahun terakhir fokus dalam mengembangkan pendidikan vokasi berbasis pertanian dengan memberikan pelatihan budidaya hortikultura,” ungkapnya.

“Kami bekerjasama dengan beberapa SMK baik negeri maupun swasta dan melibatkan sebanyak ratusan siswa. Tersebar di wilayah di Kabupaten Purwakarta dan Subang,” lanjut dia.

Glenn menjelaskan, budidaya pertanian dengan menggunakan benih juga sedang menjadi prioritas dari pemerintah Indonesia. Melalui Kementerian Pertanian, pemerintah mendorong agar petani terutama petani bawang merah beralih menggunakan biji (True Shallot Seed/TSS) dibanding umbi sebagai benih.

Dengan menggunakan benih bawang merah berupa biji petani akan mendapatkan banyak keuntungan dibanding menggunakan cara konvensional yaitu menggunakan umbi.

“Selain lebih murah, penggunaan benih dari biji juga lebih tahan serangan penyakit atau virus dan produksinya bisa meningkat hampir dua kali lipat,” kata dia.

  • Bagikan