Anda Penderita Diabetes? Lakukan 6 Jenis Olahraga Ini

Jumat, 13 Maret 2020 08:13

Ilustrasi diabetes (Istimewa)

FAJAR.CO.ID– Penderita diabetes masih tetap bisa menikmati hidup layaknya orang normal pada umumnya. Salah satu cara untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan melakukan olahraga secara teratur.

Faktanya, olahraga mampu mengontrol kadar gula darah agar tetap stabil. Aktivitas ini juga membantu menurunkan berat badan, menurunkan risiko gangguan jantung, serta meningkatkan kebugaran tubuh secara keseluruhan.

Olahraga untuk Penderita Diabetes

Jenis olahraga diabetes yang direkomendasikan adalah aerobik, yang melibatkan pergerakan grup otot besar. Olahraga jenis ini sangat baik untuk dilakukan oleh penderita diabetes sebanyak 2 hari sekali, dengan durasi minimal 30 menit.

Berikut ini adalah beberapa olahraga untuk diabetes yang bisa dijadikan sebagai pilihan:

Berjalan Kaki

Berjalan kaki adalah salah satu bentuk olahraga yang paling sederhana, bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Berjalan kaki dengan kecepatan moderat dapat membantu tubuh mengoptimalkan pengolahan gula darah, serta turut meningkatkan kapasitas jantung dan paru-paru.

Yoga

Yoga termasuk sebagai salah satu pilihan senam untuk diabetes yang dapat dilakukan secara rutin dan teratur. Pilihan olahraga yang satu ini bisa membantu melatih kelenturan, keseimbangan, postur, dan kontrol pernapasan.

Tidak hanya itu, yoga juga bisa membuat pikiran Anda lebih relaks sehingga tidak mudah stres. Hal ini membuat kinerja ginjal dan kadar gula darah senantiasa terjaga optimal.

Bagikan berita ini:
9
6
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar