Jadi Ketua KPPI Sulsel, Rismawati Minta Legislator Perempuan Tingkatkan SDM

Jumat, 13 Maret 2020 10:47

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Rismawati Kadir Nyampa resmi dilantik sebagai Ketua Kaukus Perempuan Parlemen Indonesia (KPPI) Sulsel periode 2020-2024. Politisi Demokrat ini dilantik Ketua Presidium KPPI RI Diah Pitaloka di Gedung DPRD Sulsel, Jumat (13/03/2020).

Usai dilantik, Rismawati menyebutkan keterwakilan perempuan di parlemen Sulsel cukup bagus. Di DPRD Sulsel ada sekitar 24 legislator perempuan dari 85 anggota DPRD atau sekitar 29,4 persen.

“Tak hanya itu, sejarah mencatat untuk pertama kalinya Ketua DPRD Sulsel dijabat perempuan. Di kabupaten/kota ada 140 perempuan yang jadi legislator. Tiga daerah Jeneponto, Palopo dan Parepare, ketua DPRD-nya dijabat perempuan,” kata Rismawati.

Dengan posisi strategis tersebut, Rismawati membuktikan perempuan tidak bisa dipandang sebelah mata dan mampu memberikan karya nyata. Hanya saja, keterwakilan yang memadai ini tak berbanding dengan penyelesaian masalah perempuan dan anak di Sulsel.

“Dibutuhkan bagi perempuan untuk tidak henti-hentinya meningkatkan kualitas SDM. Sehingga bukan lagi mengurus kecantikan dan sebagai pelengkap. Kita bisa melahirkan kebijakan yang responsif gender,” jelasnya.

Ketua DPRD Sulsel, Ina Kartika Sari menambahkan, hadirnya KPPI bisa memberikan ruang partisipasi dan keterwakilan perempuan dalam kebijakan terkait perempuan.

“Saya percaya dengan kerja sama yang baik, kita mampu memperjuangkan hak perempuan dan anak, serta mewujudkan pemerintahan yang berbasis gender. Anggaran untuk pemberdayaan perempuan akan terus bertambah,” pungkasnya. (mirsan/fajar)

Bagikan berita ini:
8
2
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar