Manajer Arsenal Arteta Positif Corona, Nasib Liga Inggris?

Jumat, 13 Maret 2020 09:14

Mikel Arteta positif terkena Covid-19/Getty Images

FAJAR.CO.ID, LONDON—Manajer Arsenal, Mikel Arteta dinyatakan positif terkena Coronavirus. Klub sudah mengkonfirmasi hal ini. Meski begitu, Liga Premier Inggris akan tetap berjalan seperti biasa.

“Pusat pelatihan London Colney kami telah ditutup setelah pelatih kepala Mikel Arteta menerima hasil COVID-19 positif malam ini. Personel Arsenal yang baru-baru ini melakukan kontak dekat dengan Mikel akan melakukan isolasi sendiri sesuai dengan pedoman kesehatan Pemerintah,” demikian bunyi pernyataan klub dikutip dari Football Italia.

Langkah isolasi sejumlah besar orang dari Colney, termasuk skuat tim utama dan staf kepelatihan, serta sejumlah kecil orang dari Akademi Hale End dilakukan sebagai tindakan pencegahan. Dan Arsenal berharap hal ini tidak akan mengganggu. “Kami berharap mereka yang tidak memiliki kontak dekat dengan Mikel akan kembali bekerja dalam beberapa hari mendatang. Sementara itu pusat pelatihan Colney dan Hale End kami akan menjalani pembersihan mendalam dan bagian klub kami yang lain beroperasi seperti biasa,” lanjut pernyataan itu. Arteta mengaku hasil yang menunjukkan ia positif terpapar COVID-19 sangat mengejutkan. “Ini benar-benar mengecewakan, tetapi saya mengikuti tes setelah merasa kurang baik. Saya akan berada di tempat kerja segera setelah diizinkan,” jelas Arteta. Leicester City juga sudah mengisolasi tiga pemain setelah menunjukkan gejala Coronavirus. Sementara Benjamin Mendy dari Manchester City juga dimasukkan ke karantina setelah seorang kerabat dekatnya dilarikan dari rumahnya ke rumah sakit dengan masalah pernapasan. Terlepas dari semua yang telah terjadi di seluruh dunia, Liga Premier merilis pernyataan bahwa pertandingan tidak akan ditunda. “Menyusul pembaruan terbaru dari Pemerintah yang dikeluarkan sore ini, semua pertandingan Liga Premier akan berjalan sesuai jadwal akhir pekan ini,” demikian pernyataan Premier League. Perdana Menteri Inggris menyarankan bahwa semua acara olahraga harus berlangsung seperti biasa untuk saat ini. Namun, ia juga mengindikasikan bahwa Pemerintah sedang mempertimbangkan untuk melarang acara publik besar, seperti kegiatan olahraga. “Karena itu kami terus bekerja sama dengan klub, Pemerintah, FA, EFL dan pemangku kepentingan terkait lainnya untuk memastikan rencana kontinjensi yang sesuai dan ketika keadaan berubah. Kesehatan pemain, staf, dan suporter sangat penting dan kami akan terus mengikuti pedoman Public Health England secara menyeluruh,” lanjut Premier League. Sementara itu, Ligue 1 dan 2 sudah mengumumkan akan melakukan pertemuan darurat pagi ini. Wacananya adalah menangguhkan turnamen setelah saat ini mereka memainkan pertandingan di balik pintu tertutup. Di antara mereka yang menunda pertandingan liga adalah Italia, Spanyol, Belanda, Belgia, Amerika Serikat dan Denmark. Khusus di Serie A Italia, bek Juventus Daniele Rugani dan pemain depan Sampdoria, Manolo Gabbiadini sudah dinyatakan positif Corona. (amr)

Bagikan berita ini:
5
8
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar