Resmikan Masjid, Iqbal Suhaeb Minta Tak Usah Hilangkan Tradisi Salam-salaman

Jumat, 13 Maret 2020 22:14

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb, meresmikan Masjid Ash-Shabuur, Kampong Kawa, jalan Sunu IV No.14, Kecamatan Tallo, Kota Makassar, Sabtu siang (13/3/2020).

Sebelum meresmikan, Iqbal terlebih dahulu melaksanakan salat jumat bersama warga di masjid tersebut.

Iqbal Suhaeb berharap, dibangunnya masjid tersebut bisa menjadi wadah berkumpul bagi masyarakat untuk bersilaturahmi sekaligus menjadi wadah diskusi untuk membicarakan masalah-masalah yang tengah dihadapi. “Kalau silaturahmi terjalin dengan baik, maka ketentraman warga sekitar akan terjaga,” ungkapnya.

Disinggung mengenai larangan salam di masjid, Iqbal mengaku bersyukur karena ada kebiasaan orang Indonesia yang tidak banyak ditiru negara lain.

“Yang pertama itu, orang Indonesia mandi dua kali sehari. Orang Eropa seminggu bisa dihitung jari, terus paling tidak lima kali sehari dia wudu, belum termasuk wudu sunnahnya. Soal menghilangkan tradisi salam-salaman tidak usahlah dihilangkan, itu biasa biasa aja salam-salaman, tidak apa-apa. Tidak usah kita terlalu panik, kalau diajaran Islam sudah diajarkan menjaga kebersihan,” kata Iqbal.

Sementara itu, Abdillah Wahyudi, orang yang mewakafkan tanahnya, mengungkapkan alasan dibuatnya masjid As-Shabuur Kampong Kawa karena melihat warga sudah banyak yang lanjut usia. Rata-rata usianya di atas 50 tahun. “Saya lihat keinginan mereka untuk salat di masjid terkendala masalah fisik, ditambah lokasi masjid terdekat yaitu sekitar 500 meter,” ungkapnya.

Yang kedua, dia melihat banyak anak kecil yang umurnya 3 sampai 7 tahun sering main-main selepas maghrib, nantinya masjid ini akan dibuat Taman Pendidikan Alquran (TPA) untuk anak tersebut.

Bagikan berita ini:
10
1
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar