Ujang Komarudin Sebut Sangat Mungkin PAN Pecah

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pasca Kongres V di Kendari pada Februari lalu, konflik di internal PAN belum juga mereda. Terlebih, dikabarkan jika daftar pengurus 2020-2025 tak mengakomodir Amien Rais. Bahkan, kini mencuat pembentukan PAN Reformasi. Pecahan dari partai dengan logo matahari terbit yang identik dengan warna biru.

Kubu Zulkifli Hasan (Zulhas) menampik jika Amien Rais tidak dianggap. Politisi PAN Yandri Susanto menegaskan jika Amien tetap menjadi seseorang yang spesial. Ia juga mengatakan, setelah Kongres V, PAN akan semakin solid. Hanya saja, hal ini berseberangan dengan isu yang berembus jika PAN akan terbelah.

Pengamat Politik Ujang Komarudin berpandangan jika pecahnya PAN akan sangat mungkin. Selama kubu Mulfachri Harahap, tak dapat kursi di kepengurusan. Tak hanya Mulfachri. Diketahui, posisi yang semula ditempati Amien Rais kini diserahkan ke Soetrisno Bachir. “Hal yang wajar jika loyalis Amien Rais dan Mulfachri ingin membuat PAN Reformasi. Karena Amien Rais dan pengikutnya dihabisi dan tidak dimasukkan ke kepengurusan PAN,” kata Ujang kepada FIN di Jakarta, Kamis (12/3).

Di sisi lain, kubu Amien Rais dan Mulfachri juga menuduh Zulhas dan pendukungnya berlaku curang dalam memenangi kongres yang diwarnai aksi saling lempar kursi tersebut. Ujang menilai, wacana PAN Reformasi akan terus bergulir selama Zulhas tidak mengamodasi para pendukung-pendukung Amien Rais dan Mulfachri.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah umar


Comment

Loading...