Ini 5 Tugas Penting Satgas Penanggulangan Covid-19

Sabtu, 14 Maret 2020 12:47

Sekdaprov Bali Dewa Made Indra didampingi Wakapolda Bali Brigjen Wayan Suarnatha dan Kadiskes Bali dr Ketut Suarjaya (Wa...

FAJAR.CO.ID,BALI– Satu pasien positif Corona telah meninggal dunia di RSUP Sanglah. Pemerintah Provinsi Bali langsung membentuk Satgas Penanggulangan Covid-19 yang diketuai Sekda Dewa Made Indra.

Hasil rapat koordinasi di Ruang Wiswa Sabha Utama Kantor Gubernur Bali, Jumat (13/3/) kemarin menghasilkan 5 hal penting dalam penanggulanan virus corona.

Pertama melakukan peningkatan kapasitas penanganan penyakit, khususnya di fasilitas kesehatan, dalam hal ini rumah sakit.

Pastikan fasilitas kesehatan (faskes) mempunyai kapasitas yang memadai untuk mengantisipasi peningkatan eskalasi penyebaran Covid-19.

Pastikan fasilitas kesehatan memiliki kapasitas ruang isolasi dalam jumlah mencukupi dan standar yang memadai.

Selain itu, tim medis dengan kualifikasi yang memadai juga harus dipastikan jumlahnya agar bisa mengantisipasi peningkatan COVID-19.

Sebab di situ nantinya pasien ditangani. Ketersediaan faskes dengan dukungan tim medis yang memadai akan membangun kepercayaan masyrakat.

Sampai hari ini, kapasitas faskes dan dukungan tenaga medis masih cukup dan memadai.

Kedua memastikan ketersediaan sarana yang berkaitan dengan pencegahan dan penularan Covid-19 seperti masker, hand sanitizer dan disinfektan.

Pastikan barang ini tersedia, sebab kekosongan stok akan memicu kepanikan. Ketiga peningkatan kapasitas deteksi dini dan pencegahan di pintu masuk seperti bandara dan pelabuhan.

Karena virus ini datang dari luar. Kalau pintu masuk aman, risiko bisa dieleminir. Keempat tingkatkan upaya pengendalian penyebaran virus dengan melakukan pembatasan kegiatan yang melibatkan orang banyak.

Bagikan berita ini:
3
9
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar