Peringati Hari Bakti Rimbawan dengan Tanam Pohon dan Bagi Bibit

Minggu, 15 Maret 2020 11:40

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, MAROS — Peringatan Hari Bakti Rimbawan ke-37 dipusatkan di Kebun Bibit Rakyat (KBR) Desa Tompobulu, Kecamatan Tompobulu, Maros, Sabtu (14/03/2020).

Kegiatan ini mengusung tema hutan untuk kesejahteraan rakyat dan lingkungan sehat dikemas dengan pelbagai acara. Diantaranya sepenanaman pohon serta penyerahan 300 bibit kepada warga Desa Tompobulu.

Acara ini diikuti oleh seluruh UPT-KLHK Sulsel, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sulsel, Camat Tompobulu, Kepala desa se-Kecamatan Tompobulu dan Kapolsek Tompobulu.

Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sulawesi dan Maluku, Darhamsyah mengatakan penanaman pohon adalah cikal bakal terciptanya hutan. Penanaman pohon erat kaitannya dengan shinrin-yoku yang mengatakan tidak akan mungkin terbentuk hutan kalau tidak ada pohon.

“Kini shinrin-yoku telah berkembang, bukan lagi hanya hutan alami tetapi di beberapa tempat dibuat hutan buatan di pinggir-pinggir kota yang kita kenal juga sebagai hutan kota di Jepang,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia menuturkan sebuah riset menujukkan di tempat yang asri, tingkat kriminalitas di daerah tersebut akan jauh lebuh rendah.

“Berdasarkan sebuah riset, kota yang taman kotanya dan hutan-hutan kotanya bagus, tingkat kriminalitasnya juga rendah,” ungkapnya.

Camat Tompobulu, Nasruddin Baso mengapresiasi kegiatan penanaman pohon dalam rangka hari bakti Rimbawan tersebut. Apalagi kegiatan itu berdampak positif bagi warga dan daerah yang dipimpinnya.

Komentar


VIDEO TERKINI