Amalan Agar Terhindar dari Siksa Kubur yang Mengerikan

Membaca Alquran

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Sebenarnya Allah telah menceritakan tentang siksa kubur, terutama siksa kubur yang ditimpakan kepada Fir’aun dan kaumnya. Allah menyebutkan hal tersebut dalam Alquran surat Al Mu’min ayat 45-46. Allah berfirman, “…Dan Fir’aun beserta kaumnya dikepung oleh azab yang amat buruk. Kepada mereka dinampakkan neraka pada pagi dan petang , dan pada hari terjadinya Kiamat. (Dikatakan kepada malaikat): ‘Masukkanlah Fir’aun dan kaumnya ke dalam azab yang sangat keras’.” (QS. Al Mu’min: 45-46)

Tak ada satu insan pun yang ingin merasakan siksa kubur. Hingga saatnya tiba, kita dianjurkan untuk memperbanyak beribadah dan berdoa agar bisa meninggal dalam keadaan khusnul khotimah.

Diriwayatkan dalam Hadis Bukhari, Rasulullah menyebutkan berbagai macam siksa kubur: “Orang-orang yang suka berbohong, menyebarkan cerita dusta akan disobek rahangnya secara terus-menerus sampai hari kiamat. Orang-orang yang belajar Alquran namun pada malam harinya hanya tidur dan siang harinya tidak mau mengamalkannya akan dihantam kepalanya sampai pecah secara berulang-ulang hingga datang hari kiamat.

“Siksa kubur pasti datang”

Para pezina akan direbus dalam tungku mendidih tanpa henti sampai hari kiamat. Orang-orang ditenggelamkan dalam sungai darah, ketika mereka berenang hendak menepi maka dilempari batu mulutnya sampai terdorong ke tengah lagi, demikian terus-menerus sampai datang hari kiamat. Itu adalah siksa bagi orang-orang yang makan riba.”

KONTEN BERSPONSOR

Komentar