Ini Dia, Hand Sanitizer Farmasi UIN Alauddin Wanginya Seperti Permen Karet

Senin, 16 Maret 2020 22:15

Hand Sanitizer Farmasi UIN Alauddin Wanginya Seperti Permen Karet

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Orang-orang yang berada di salah satu laboratorium Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar tampak sibuk.

Mereka mengenakan seragam putih layaknya dokter. Lengkap dengan sarung tangan dan masker sebagai penutup hidung dan mulutnya.

Tetes demi tetes dituangkan dalam sebuah botol kecil warna bening. Serta beberapa peralatan laboratorium yang juga warnanya serupa dengan botol lainnya.

Mereka tampak teliti saat memasukkan sebuah cairan bening ke dalam botol tersebut. Cairan itu merupakan bahan untuk membuat hand sanitizer, ala mahasiswa Jurusan Farmasi, dari universitas berjuluk Kampus Peradaban tersebut.

Tugas mereka terbagi-bagi. Ada yang mempersiapkan label, mencuci botol, hingga meracik kandungan dari hand sanitizer tersebut.

“Hand sanitizer kami ini sesuai dengan standar World Health Organisation (WHO), dengan bahan aktifi etanol 98 persen. Etanol ini mudah didapat, dan pembuatannya cukup mudah,” kata Ketua Jurusan Farmasi, FKIK UIN Alauddin Makassar, Asrul Ismail, Senin (16/3/2020).

Kata dia, hand sanitizer miliknya memiliki aroma yang nyaman di hidung. Beberapa orang yang menyemprotkan produk dari mahasiswa Jurusan Farmasi itu ke tangannya, aroma yang keluar seperti permen karet.

Saat dipakai, Asrul mengatakan produknya itu bisa meminimalisir masuknya virus corona atau covid-19, melalui tangan manusia yang baru saja bersentuhan dengan orang ataupun benda luar.

Bagikan berita ini:
10
1
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar