Lockdown Sulsel Opsi Terakhir

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Lockdown (isolasi) warga bisa jadi pilihan mencegah korona menyebar di Sulsel. Namun, itu opsi terakhir.

PEMPROV Sulsel masih mempertimbangkan banyak hal sebelum melakukannya. Salah satunya persoalan ekonomi yang akan makin sulit saat warga diisolasi. Makanya, opsi itu belum ditempuh.

Khusus kebijakan meliburkan sekolah, pemprov juga masih menunggu instruksi pusat. Alasannya, belum ada kasus positif virus korona di Sulsel. Berbeda halnya di delapan provinsi yang sudah terinfeksi. //Baca grafis//

“Lockdown itu opsi terakhir. Belum saat ini. Beda dengan Jakarta, Jateng (dll) yang memang menyebar cukup cepat,” terang Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah di rujabnya, Minggu, 15 Maret.

Sebenarnya, kata dia, tanpa lockdown, warga juga sudah mengurangi perjalanan. Bandara-bandara sudah sepi. Terkait penyambutannya terhadap Budi Karya Sumadi (BKS) saat ke Sulsel, 28-29 Februari lalu, Nurdin yakin Menhub bukan terinfeksi di Sulsel.

“Saya duga Pak Menhub terjangkit setelah dari Sulsel. Ada penjemputan kru kapal Diamond Princess di Bandara Kertajati pada 2 Maret,” bebernya.

Dia pun meminta warga Sulsel untuk waspada namun jangan panik. Menurutnya, yang penting sekarang menjaga daya tahan tubuh. Bila panik, itu bisa meningkatkan stres.

“Akibatnya kalau stres, daya tahan tubuh menurun. Jadi ya sistem imun ini yang harus dijaga,” tukasnya.

Risiko Acara

Pemprov Sulsel juga memilih menunda sejumlah pelaksanaan event berskala besar. Risiko penyebaran Covid-19 bisa meluas pada acara-acara besar. Imbauan ini juga disampaikan ke pemerintah kabupaten/kota.

“Terutama event skala nasional dan internasional, itu saya minta ditunda. Kegiatan massal, keramaian atau ada kerumunan massa jangan dahulu digelar,” ungkap Nurdin.

Setidaknya tiga event besar sudah final ditunda. Hari Budaya Makassar yang digelar setiap 1 April sudah disepakati dengan Pj wali kota untuk ditunda. Juga Konvensi Nasional Pendeta Gereja Toraja Se-Indonesia pada 17-20 Maret 2020 turut ditunda.

“Juga Ijtima Dunia 2020 Zona Asia pada 20-22 Maret 2020, juga Bupati Gowa sudah sepakat ditunda. Mendatangkan delegasi 48 negara sangat rawan. Kita tunda sampai batas waktu yang belum ditentukan,” jelasnya.

Untuk memotong mata rantai penyebaran, Nurdin meminta otoritas di pelabuhan dan bandara untuk memperketat pengawasan. Dia juga mengimbau agar area publik dan transporasi publik dilakukan disinfeksi.

Liburkan Sekolah

Terpisah, Pemkot Makassar mengambil langkah tegas dalam menyikapi virus korona. Sekolah-sekolah di Makassar akan diliburkan. Menghindari risiko anak sekolah terinfeksi, jadi pertimbangan.

“Kita sudah pastikan itu. Besok pagi (hari ini) akan diumumkan waktu dan durasi liburnya langsung oleh Bapak Wali Kota,” kata Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Makassar, Abdul Rahman Bando, malam tadi.

Banyak pertimbangan sehingga Makassar juga memutuskan untuk meliburkan sekolah seperti di beberapa daerah lainnya. Meminimalisasi kemungkinan penyebaran virus salah satunya.

“Ini sudah kita bicarakan baik-baik. Kita tidak ingin terjadi sesuatu kepada anak-anak kita. Makanya untuk sementara kegiatan belajar mengajar di sekolah dialihkan di rumah masing-masing,” terangnya.

RB mengimbau guru-guru untuk terus menyosialisasikan kiat-kiat untuk terhindar dari paparan virus korona kepada siswanya. Khususnya bagaimana menghindari kontak fisik dengan banyak orang.

“Kita sudah imbau kepada guru-guru untuk memberi edukasi kepada siswa. Baik di sekolah maupun di luar sekolah. Sudah ada kiat-kiatnya,” pungkasnya.

Penjabat Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb mengatakan, hari ini pemkot bakal menggelar rapat koordinasi bersama stakeholder terkait. Dalam rapat itu, akan ditentukan seperti apa tindakan yang harus dilakukan.

“Sebenarnya untuk meliburkan sekolah kita mau minta pendapat dinas terkait dulu. Besok baru (hari ini) bisa kita pastikan,” ucapnya.

Berbeda

Pelaksana tugas (Plt) Kadisdik Sulsel Basri mengatakan belum ada rencana atau kebijakan meliburkan sekolah di Sulsel. Pertimbangan ini diambil karena salah satunya Sulsel tak masuk dalam delapan provinsi zona bahaya penyebaran korona.

“Jadi belum ada keputusan meliburkan. Sekolah tetap seperti biasa,” jelasnya.

UNBK tetap berjalan meskipun beberapa provinsi lain sudah memutuskan menunda seperti DKI Jakarta. Hari ini merupakan hari pertama pelaksanaan UNBK tingkat SMA yang digelar 16-19 Maret.

“Diputuskan tetap digelar. Namun, kita ada prosedur. Termasuk bagi yang demam, jangan dipaksakan ikut UN. Nanti dicarikan jadwal ujian susulan,” bebernya.

Kebijakan untuk meliburkan sekolah kata Basri sebenarnya tergantung kondisi. Pihaknya terus memantau dan mengawasi bahkan tiap jam kordinasi dengan Diskes Sulsel dan Kemendikbud. Bukan tidak mungkin sekolah diliburkan sewaktu-waktu.

Rugi Miliaran

Event besar hiburan dan fesyen juga ikut ditunda di Makassar lantaran korona. Penundaan ini membuat panitia merugi alias kehilangan potensi pendapatan. Angkanya miliaran rupiah.

Kerugian itu berupa hilangnya pemasukan dari tiket, biaya sewa tempat, dan uang muka sewa artis atau bintang tamu. Ada tiga event hiburan dan fesyen rencana digelar dalam waktu dekat, namun batal.
Yakni, Rans Carnaval, Femme, dan konser Dewa 19.

Untuk Rans Carnival, per orang, biaya tiket masuk Rp110 ribu. Terget penjualan tiket antara 5.000-8.000 per hari. Event dilakukan selama tiga hari. Per hari, untuk tiket saja diprediksi hilang pemasukan sebesar Rp880 juta.

Marketing Communication Rans Carnival, Jeri Maulana Akbar mengatakan ada 20 nama artis yang akan tampil di Makassar. Mereka akan dibagi untuk mengisi acara selama tiga hari. Ada Lyodra “Indonesia Idol”, Ungu, Vierza, dan Raisya.

Hari kedua ada Rossa, Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Rafatar, Rossa, Wika Salim, dam Zara Loela. Sementara untuk hari ketiga ada Andmesh, Zaskia Gotic, Vierratale, Ruben Onsu, Bertrand Peto, dan Sarwendah.

“Semuanya sudah menyatakan siap, namun ditunda karena isu Covid-19 yang memperhatikan keamanan mereka sehingga acara diundur dan rencana untuk event mendatang akan diadakan bulan Juni,” tuturnya.

Sementara untuk konser Road to Reunion Dewa 19 yang akan dihelat di Four Points by Sheraton, panitia penyelenggara Didi Darmady mengatakan saat ini pihaknya masih akan mengkalkulasi ulang semua item yang harus dibayarkan panitia.

Mulai dari sewa gedung, sound system dan lain-lain. Dirinya pun berharap, penyewaan itu tidak harus terbayarkan semuanya, mengingat konser tersebut tidak jadi dilakukan.

“Saya berharap sih hanya bisa dibayarkan setengah saja. Soalnya konser ini kan tidak jadi,” katanya.

Kepala Ekonom Bank Pembangunan Asia atau ADB Yasuyuki Sawada menjelaskan, banyak ketidakpastian terkait penyebaran Covid-19 termasuk dampak ekonominya. Dibutuhkan skenario sebagai solusi kerugian.

“Pada skenario dasar, virus ini diperkirakan menimbulkan kerugian sebesar USD 77 miliar atau memangkas pertumbuhan ekonomi global sebesar 0,1 persen di Asia,” ucapnya.

Larang ke Makassar

Karena korona pula, Pemerintah Provinsi Sulbar memutuskan menunda semua perjalanan dinas ke luar daerah. Termasuk tak boleh ke Makassar dalam waktu yang belum ditentukan.

“Besok, (hari ini) kami rapat dengan seluruh pemangku kepentingan untuk langkah taktis,” kata Sekretaris Provinsi Sulbar, Muhammad Idris.

Kepala Dinas Kesehatan Sulbar Muhammad Alif mengatakan pembatasan dinas luar sudah diintruksikan dari Kementerian Kesehatan. “Untuk mencegah, batalkan semua agenda nasional,” tuturnya.
(ful-bay-fkt)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Fadel

Comment

Loading...