Pendemi Virus Corona, Jokowi Perintahkan Tito Turun Tangan

0 Komentar

Presiden Jokowi saat memberikan pengarahan tentang upaya mencegah peningkatan karhutla 2020 di Istana Negara. Foto: Humas KLHK

FAJAR.CO.ID,JAKARTA– Presiden Joko Widodo mengingatkan kepada kepala-kepala daerah agar mengeluarkan kebijakan yang membuat rakyat tenang di tengah-tengah pendemi virus Corona ini.

Jokowi bahkan memerintahkan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian agar mengontrol kepala-kepala daerah mengeluarkan kebijakan yang tidak membuat panik masyarakat.

“Sebagai contoh Mendagri, fokus memberitahukan kepada seluruh kepala daerah, gubernur, bupati, wali kota agar hati-hati dalam membuat policy agar tidak menimbulkan kepanikan di masyarakat,” kata Jokowi saat memimpin rapat melalui telekonferensi kepada Kabinet Indonesia Maju di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (16/3).

Jokowi melanjutkan, kebijakan kepala daerah juga harus tepat sasaran. Mantan gubernur DKI Jakarta ini juga menginginkan kepala daerah mengeluarkan kebijakan yang bisa mengurangi pergerakan masyarakat.

“Mengurangi pertemuan, mengurangi meeting-meeting, sehingga ini agar kita bisa mengurangi dampak dari Covid-19,” kata dia.

Selain itu, Jokowi juga memerintahkan Tito agar mengarahkan semua kepala daerah untuk fokus dengan kepala desa dalam mengelola Dana Desa. Menurut dia, Dana Desa harus bisa dirasakan betul oleh masyarakat pedesaan.

“Sehingga masyarakat desa bisa menikmati dana desa sebesar Rp 72 triliun ini. Ini diarahkan ke sana. Jangan dipakai untuk hal-hal tidak menyasar pada konsumsi masyarakat, terhadap daya beli masyarakat,” kata Jokowi. (tan/jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...