Sengit, Kevin/Marcus Kalah Menyakitkan di Final Ganda Putra All England 2020

Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo/badmintonindonesia.org

FAJAR.CO.ID, BIRMINGHAM—Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo gagal meraih gelar ketiganya di ajang Yonex All England 2020. Unggulan pertama tersebut harus mengakui keunggulan ganda Jepang Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe dalam pertarungan sengit yang berlangsung tiga set.

Turun di partai penutup, Kevin/Marcus langsung tertinggal tiga angka. Namun, mereka kemudian meraih enam angka beruntun untuk memimpin 6-3. Setelah itu, giliran Endo/Watanabe yang mencetak empat angka berturut-turut untuk berbalik memimpin 6-7.

Kedua pasangan kemudian bergantian meraih angka hingga skor 8-8 dan 10-10. Satu angka berikutnya diraih Kevin/Marcus untuk menutup interval pertama dengan keunggulan 11-10 atas Endo/Watanabe.

Setelah jeda, Kevin/Marcus sempat unggul dua angka di skor 14-12 sebelum Endo/Watanabe mengejar dan membalikkan keadaan menjadi 15-16. Mereka terus memimpin hingga game poin 16-20. Kevin/Marcus berusaha mengejar namun, Endo/Watanabe hanya memberi dua poin pada Kevin/Marcus dan memenangi set ini dengan skor 21-18.

Harus memenangi pertandingan dan memaksakan rubber set, Kevin/Marcus langsung tampil menyerang dan memimpin 4-0 di awal game kedua. Endo/Watanabe mencetak dua angka berikutnya sebelum Kevin/Marcus kembali menambah tiga poin untuk unggul 7-2.

Kevin/Marcus bisa mempertahankan keunggulan lima angka di poin 10-5. Endo/Watanabe lalu meraih dua angka sehingga skor menjadi 10-7. Satu pengembalian Endo yang tersangkut di net membuat Kevin/Marcus bisa menutup interval kedua dengan keunggulan 11-7.

Pertandingan dilanjutkan dengan Kevin/Marcus mencetak empat angka beruntun untuk mengubah skor menjadi 15-7. Keunggulan delapan angka dipertahankan Kevin/Marcus hingga skor 18-10. Bahkan, mereka bisa unggul sembilan angka di skor 19-10 sebelum kemudian mengakhiri perlawanan Endo/Watanabe dengan skor 21-12.

Set penentuan diawali Endo/Watanabe dengan baik dimana mereka mencetak enam angka pertama. Namun, Kevin/Marcus bisa mengejar dengan meraih lima angka untuk mengubah skor menjadi 5-6. Endo/Watanabe bisa kembali memperlebar jarak poin menjadi tiga angka di skor 7-10 sebelum menutup interval ketiga dengan skor 9-11.

Tertinggal dua poin, Kevin/Marcus berusaha lebih menekan. Tapi, Endo/Watanabe bisa meraih tiga angka pertama setelah jeda untuk unggul 9-14. Kevin/Sanjaya kemudian membalas dengan mencetak dua poin sebelum kemudian menyamakan skor menjadi 15-15.

Perebutan poin krusial berlangsung lebih sengit. Dua kesalahan sendiri Kevin/Marcus kemudian membawa Endo/Watanabe unggul 18-16. Kevin/Marcus meningkatkan tekanan di akhir-akhir pertandingan dan menyamakan skor menjadi 18-18.

Marcus/Kevin berhasil membalikkan keadaan menjadi 19-18 yang kemudian bisa disamakan lagi menjadi 19-19 oleh Endo/Watanabe. Endo/Watanabe bisa meraih match poin 20-19 dan satu pukulan Kevin yang memanjang memastikan pasangan Jepang tersebut menang 21-19.

Kekalahan ini membuat Endo/Watanabe mempertegas dominasi mereka terhadap Kevin/Marcus. Di tujuh pertemuan sebelumnya, Endo/Watanabe sudah unggul 5-2. Kelima kemenangan itu mereka dapatkan dalam pertemuan tahun lalu. Termasuk ketika kedua pasangan bertemu di babak pertama All England 2019. (amr)

loading...
Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Komentar

Loading...