Sidang Dugaan Penipuan Iptu Yusuf, Ini Pengakuan Eks Dansat Brimob

Senin, 16 Maret 2020 22:58

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Majelis Hakim Pengadilan Negeri Makassar kembali menggelar sidang lanjutan kasus dugaan penipuan dan penggelapan uang senilai Rp1 miliar yang menyeret mantan Bendahara Brimob Polda Sulsel, Iptu Yusuf Purwantoro sebagai terdakwa, Senin (16/3).

Sidang kali ini, menghadirkan saksi dari pihak terdakwa Iptu Yusuf, yaitu mantan Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sulsel, Kombes Totok Lisdiarto, yang kini sudah pindah tugas di Markas Komando (Mako) Brimob Kelapa II Jakarta. Penasehat hukum terdakwa juga menghadirkan ipar Iptu Yusuf, Rudik Harmono.

Dalam kesaksiannya di muka persidangan, Totok Lisdiarto mengaku, mengetahui adanya proses peminjaman antara Iptu Yusuf dengan pengusaha A Wijaya.

Mantan Kapolres Gowa ini, mengatakan, pada 2018 lalu, pernah meminta tolong kepada Iptu Yusuf untuk mencarikan dana, yang diperuntukkan dalam urusan bisnis.

“Pada saat itu, tahun 2018, saya minta tolong untuk mencari dana sama Pak Yusuf untuk urus tanah. Dan saya tahu Pak Yusuf dapat dana dari Pak Jaya (A Wijaya),” kata Totok menjawab pertanyaan majelis hakim terkait uang Rp1 miliar tersebut.

Namun, mantan Wakapolres Makassar ini, mengaku, tidak mengetahui secara detail proses peminjaman Iptu Yusuf kepada A Wijaya.

“Saya tidak tahu komitmen, antara Yusuf dan Pak Jaya saat melakukan peminjaman,” kata Totok, menjawab pertanyaan salah satu majelis hakim.

Komentar