Teka-teki Serie A Italia

Senin, 16 Maret 2020 17:54

Foto: EPA

FAJAR.CO.ID, FAJAR—Semakin banyak pemain Serie A yang dinyatakan positif terpapar virus corona. Kapan kompetisi tertinggi Italia itu dilanjutkan kembali kini seperti puzzle alias teka-teki.

Ketika diputuskan ditunda pekan lalu, Serie A diumumkan akan bergulir kembali pada 3 April. Namun, laporan terbaru terkait situasi Italia saat ini mengindikasikan Serie A sulit untuk digelar awal April ini.

La Repubblica mengklaim bahwa batas waktu yang lebih masuk akal untuk melanjutkan liga adalah setidaknya pada minggu pertama bulan Mei. Ini sejalan dengan peringatan ahli bahwa saat ini, Eropa belum mencapai puncak wabah COVID-19.

Kalau Serie A bisa benar-benar dilanjutkan pada 3 Mei, mereka masih akan bisa menggelar semua pertandingan tersisa sebelum akhir tahun fiskal pada 30 Juni. Itu dengan catatan, UEFA menunda Piala Euro 2020 hingga tahun depan atau setidaknya diundur ke Desember.

UEFA sendiri baru akan melakukan pertemuan tingkat tinggi pada hari Selasa waktu setempat. Dalam pertemuan itu akan diputuskan beberapa hal termasuk penyelesaian liga domestik, kompetisi Eropa, serta EURO 2020.

Presiden Federasi Sepakbola Italia (FIGC), Gabriele Gravina menjelaskan, kalender internasional harus berubah. Ini kata dia perlu agar kompetisi klub bisa tetap menyelesaikan seluruh pertandingan.

“Kami sedang menunggu KTT UEFA pada hari Selasa dan proposal yang akan diajukan oleh Presiden Aleksandr Ceferin. Kami adalah yang pertama menyarankan agar kalender internasional ditinjau kembali. Baik liga domestik maupun turnamen piala harus menjadi prioritas,” kata Gravina di Football Italia. Menurut Gravina mereka berharap kompetisi domestik bisa selesai tepat waktu. “Tujuan pertama kami, yang sesuai dengan situasi umum di negara ini, adalah untuk menyelesaikan musim Serie A seperti yang direncanakan,” jelasnya. Menurut La Repubblica, Serie A mesti berakhir pada 30 Juni karena saat itu kontrak pemain berakhir. Dan jika tidak, mungkin ada situasi di mana liga berakhir 1 Juli dengan beberapa pemain tidak lagi terikat kontrak atau kembali ke klub sebelumnya setelah masa pinjaman berakhir. (amr)

Bagikan berita ini:
4
9
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar