BREAKING NEWS: Piala Eropa Ditunda ke 2021

  • Bagikan
Foto: Give Me Sport

FAJAR.CO.ID, NYON—UEFA mengumumkan penundaan Piala Eropa 2020 yang akan dimainkan pada Juni dan Juli tahun ini. Pesta sepak bola terbesar Benua Biru itu akan digelar 12 bulan ke depan. Tanggal baru yang diusulkan adalah 11 Juni hingga 11 Juli 2021.

Langkah ini terpaksa diambil untuk membantu semua kompetisi domestik yang saat ini tertunda karena darurat COVID-19 agar bisa diselesaikan. Selain itu, semua kompetisi dan pertandingan UEFA (termasuk pertandingan persahabatan) untuk klub dan tim nasional pria dan wanita ditunda hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Pertandingan play-off Piala Eropa 2020 dan pertandingan persahabatan internasional yang dijadwalkan pada akhir Maret, sekarang akan dimainkan di jendela internasional pada awal Juni. Itu tergantung pada situasi.

Seluruh keputusan ini diambil oleh Komite Eksekutif UEFA setelah pertemuan konferensi video dengan presiden dan sekretaris umum dari 55 asosiasi nasional, perwakilan dari Asosiasi Klub Eropa, Liga Eropa dan FIFPro Eropa. Pertemuan diselenggarakan oleh Presiden UEFA Aleksander Ceferin.

“Pada saat-saat seperti inilah komunitas sepakbola perlu menunjukkan tanggung jawab, persatuan, solidaritas dan altruisme. Kesehatan para penggemar, staf, dan pemain harus menjadi prioritas nomor satu kami dan, dengan semangat itu, UEFA mengajukan serangkaian opsi sehingga kompetisi dapat berakhir musim ini dengan aman dan saya bangga dengan respons rekan-rekan saya di seluruh sepakbola Eropa. Ada semangat kerja sama yang nyata, dengan semua orang mengakui bahwa mereka harus mengorbankan sesuatu untuk mencapai hasil terbaik,” jelas Ceferin dikutip dari resmi UEFA.

Menurut Ceferin, penting bahwa, sebagai badan pengatur sepak bola Eropa, UEFA memimpin proses dan membuat pengorbanan terbesar. “Memindahkan EURO 2020 harus dibayar mahal, tetapi kami akan melakukan yang terbaik untuk memastikan bahwa pendanaan vital untuk akar rumput, sepak bola perempuan dan pengembangan permainan di 55 negara kami tidak terpengaruh. Keputusan ini demi kebaikan sepakbola Eropa secara keseluruhan,” ujarnya.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Asosiasi Klub Eropa, Liga Eropa dan FIFPro Eropa atas kerja keras mereka hari ini dan atas kerja sama mereka. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih dari lubuk hati yang terdalam kepada 55 asosiasi nasional, presiden dan sekretaris jenderal mereka, dan kolega-kolega saya dari Komite Eksekutif atas dukungan dan keputusan bijak mereka,” lanjutnya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan