Lawan Virus Corona, Sabun Lebih Ampuh daripada Hand Sanitizer

Cara mencuci tangan. (INT)

FAJAR.CO.ID — Orang-orang awam menganggap sabun sebagai pelembut dan menenangkan, tetapi dari perspektif mikroorganisme, seringkali sangat merusak.

Menurut Pall Thordarson seorang professor kimia di University of New South Wales, Sydney, menjelaskan, hand sanitizer atau antiseptik berbasis alkohol tentunya efektif untuk membunuh mikroorganisme, akan tetapi perlu diketahui bagamaina sangat efektifnya sabun merusak struktur virus ketika ada dan digunakan di atas kulit manusia.

Setetes sabun biasa yang diencerkan dalam air sudah cukup untuk memecah dan membunuh banyak jenis bakteri dan virus, termasuk coronavirus baru penyebab COVID-19 yang saat ini mengelilingi dunia.

Dikutip dari farmasetika.com, rahasia dari kekuatan sabun yang mengesankan adalah struktur hibridanya.

Sabun terbuat dari molekul berbentuk pin, yang masing-masing memiliki kepala hidrofilik – mudah terikat dengan air – dan ekor hidrofobik, yang menghindar air dan lebih memilih untuk terhubung dengan minyak dan lemak. Molekul-molekul ini, ketika tersuspensi dalam air, bergantian mengapung sebagai unit soliter, berinteraksi dengan molekul lain dalam larutan dan menyusun diri menjadi gelembung-gelembung kecil yang disebut misel, dengan kepala mengarah ke luar dan ekor terselip di dalamnya.

Mekanisme Sabun Membunuh COVID-19

Jadi mengapa sabun bekerja dengan sangat baik pada Sars-CoV-2, coronavirus dan memang sebagian besar virus? karena virus adalah partikel nano rakitan di mana ikatan terlemah adalah lipid (lemak) bilayer.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam


Comment

Loading...