Opsi Lockdown Cegah Penyebaran

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR – Virus korona menyebar masif. Lockdown (pembatasan) dinilai sebagai salah satu opsi.

Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menawarkan opsi tersebut. Lockdown menurutnya menjadi pilihan yang bisa dilakukan, untuk mencegah penyebaran virus korona secara meluas. Apalagi, kebijakan ini, sudah diterapkan di beberapa negara.

“Begitu urgennya pandemik ini, karena musuhnya yang tidak kelihatan. Ini bahaya yang tak ketahuan. Makanya upaya preventif harus dilaksanakan sekarang, semua tempat keramaian harus bersih dan steril. Jika tidak, itu berbahaya,” bebernya di Istana Wapres, Kamis, 12 Maret.

Dia juga memahami, adanya penetapan dari WHO yang mengkategorikan virus tersebut sebagai pandemik. Penambahan pasien menurutnya sangat cepat. Dari satu orang penderita menular ke tiga orang, hingga seterusnya.

Jika peredarannya tak dipotong, penyebaran virus akan lebih besar. Salah satu opsinya dengan sistem lockdown. Dia yakin Indonesia bisa menerapkan ini jika diinstruksikan dengan baik. Pasalnya hanya negara yang disiplin yang tentu bisa melakukannya.

“Tetapi memang harus siap, baik dari kesiapan ekonomi. Harus siap semua. Ini pukulannya lebih hebat ketimbang dampak dari perang dagang Amerika dan Tiongkok,” tambahnya.

Sementara Dirjen Imigrasi, telah menolak 126 WNA yang masuk ke Indonesia. Plt Dirjen Imigrasi Kemenkumham Jhoni Ginting mengatakan, kebijakan tersebut imbas dari penyebaran korona.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Fadel


Comment

Loading...