Ribetnya Kuliah Online… Belajar Malam, Ngantuk, hingga Tak Paham Materi

Selasa, 17 Maret 2020 21:38

Mahasiswa sedang melakukan kuliah online.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar pasrah. Kebijakan kuliah online tak memuaskan mereka mendapat ilmu.

Silfia, mahasiswi semester enam, Jurusan Jurnalistik, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, terkadang mengeluh.

Materi yang diberikan oleh dosennya, membuat otaknya tak bisa menerima baik ilmu dari mata kuliahnya. Mahasiswi berkulit putih itu mengaku sulit berkomunikasi dengan dosennya.

Maklum, virus corona atau covid-19 membuat aktivitas perkuliahan di Kampus Peradaban tersebut dihentikan untuk sementara oleh rektorat.

“Materinya kurang dimengerti. Mahasiswa yang kuliah online, tidak paham (materi). Beda kalau kita bertemu langsung dengan dosen,” katanya, saat ditemui di indekosnya, BTN Samata Indah, Kelurahan Romang Polong, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Selasa (17/3/2020).

Apalagi, perempuan berjilbab krem dan baju putih itu, hanya bisa menerima jadwal kuliah pada malam hari. Baginya, rasa kantuk pada saat itu mudah datang.

Apalagi Silfia yang hanya berada di indekos, posisinya dekat dengan kasur miliknya. Keinginan untuk rebahan bisa datang hingga membuatnya justru tertidur, meski jadwal kuliahnya masih berlangsung.

“Jadwal kuliah di fakultas kami, memang diajarkan pada malam hari. Kita kuliah online selama 2 minggu,” ujar mahasiswi kelahiran 1998 itu.

Kuliah onlinenya itu sudah dimulai sejak Senin, (16/3/2020) kemarin. Silfia dan teman kelasnya hanya bisa menerima keputusan rektorat, setelah mengeluarkan surat edaran untuk kuliah online. Tidak pada kuliah dengan tatap muka langsung.

Bagikan berita ini:
10
8
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar