Saran Ahli Kesehatan University of Derby untuk Indonesia soal Corona

Selasa, 17 Maret 2020 13:59

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Ahli kesehatan publik Dono Widiatmoko punya saran untuk pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan masyarakat Indonesia dalam menghadapi penyebaran virus corona (COVID-19) yang kini menjadi pandemi global. Senior lecturer in public health di University of Derby, Inggris itu punya saran soal lockdown ataupun karantina parsial.

Dono mengatakan, setiap negara menerapkan kebijakan yang berbeda-beda sesuai dengan kondisi di negara tersebut. Sampai saat ini di Indonesia belum ada daerah yang dikarantina atau lockdown parsial.

“Keputusan karantina bisa diambil jika risiko penularan sudah sangat besar dan hanya itu cara yang bisa digunakan untuk menurunkan infeksi baru di masyarakat. Tidak semua negara memberlakukan lockdown, baik parsial maupun secara nasional,” ujarnya.

Berikut ini saya sarikan dalam bahasa sederhana apa yang kita tahu sampai saat ini, dan bagaimana respon kita pada masalah ini.

COVID-19 adalah penyakit yang mudah menular pada orang lain. Mereka yang terinfeksi virus Corona 19 ini sebagian besar hanya akan mengalami gejala ringan seperti demam yang dengan istirahat yang cukup, pengobatan sederhana, umumnya akan sembuh dengan baik.

Alumnus Universitas Indonesia yang kini tinggal di Manchester itu juga menyarankan agar pemerintah bisa mengomunikasikan pesan pencegahan dan penanggulangan COVID-19 secara sederhana dan mudah dipahami masyarakat. Tujuannya adalah menghindari munculnya kesimpangsiuran informasi di masyarakat.

Komentar


VIDEO TERKINI