Wacana Penundaan Pilkada, KPU Tunggu Kebijakan Pusat

Selasa, 17 Maret 2020 15:23

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Makassar Gunawan Mashar. (Instagram KPU Makassar)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– KPU Makassar memastikan tahapan penyelenggaraan Pilwalkot Makassar 2020 tetap berjalan sesuai tahapan yang ada. Adapun wacana penundaan, KPU Makassar masih menunggu keputusan KPU RI.

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Makassar Gunawan Mashar mengatakan, pihaknya sejauh ini masih berjalan sesuai tahapan yang ada. Tahapan terakhir yang telah dilakukan adalah seleksi wawancara PPS Kelurahan.

“Kami di daerah sepenuhnya mengikuti kebijakan KPU RI. Pelaksanaan Pilkada serentak 2020 komandonya ada di pimpinan kami di KPU RI, kami di daerah adalah pelaksana,” kata Gunawan kepada fajar.co.id, Selasa (17/03/2020).

Terkait surat edaran KPU RI yang meminta sebagain pegawai KPU bekerja dari rumah, menurut Gunawan merupakan hal yang patut diapresiasi.

“Memang ada yang bisa dikondisikan dikerjakan di rumah. Namun ada beberapa kerja-kerja teknis kepemiluan yang pasti mau tak mau harus ada interaksi di sana,” jelasnya.

Gunawan menyebutkan beberapa tahapan Pilkada yang harus dilakukan di lapangan, seperti pemutakhiran Daftar Pemilih Tetap (DPT). KPU Makassar sendiri akan merekrut sekitar 4 ribuan orang yang akan mendatangi rumah per rumah.

“Ini tentu butuh pedoman teknis dan protap standar agar petugas kami tidak menjadi medium penyebaran virus. Misalnya disertai dengan masker dan hand sanitiser,” pungkasnya. (mirsan/fajar)

Bagikan berita ini:
9
1
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar