Giat Literasi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Diramaikan Milenial

Rabu, 18 Maret 2020 09:55

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Gerakan Literasi beberapa tahun terakhir semakin meningkat pesat, baik di Jakarta maupun kota-kita lain di Indonesia hingga ke pelosok desa, termasuk di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur.

Di Kabupaten yang didapuk sebagai calon Ibu Kota Negara (IKN) pun demikian halnya. Gerakan Literasi antara lain diramaikan komunitas kaum muda atau biasa juga disebut kaum milenial.

Beragam aktivitas yang telah dilakukan seperti diskusi/bedah buku, Malam Baca Puisi, Malam Dialog (Madilog), Gerakan Donasi dan Lapak Buku sering dilaksanakan.

Dihubungi via telepon selulernya Selasa (17/03/2020), Penggerak Komunitas Gemar Belajar (Gembel) Penajam Ahmad Fitriadi mengemukakan komunitasnya aktif bergerak di Kabupaten Penajam.

“Sejak 2016 kami mencoba membangun gerakan literasi dengan bermodalkan buku bekas sekadarnya,” tutur alumni Fakultas Hukum Universitas Balikpapan ini.

Ia menjelaskan, biasanya menggelar lapak buku setiap even besar di Kabupaten PPU, misalnya festival Mangrove beberapa waktu lalu. “Kami mengambil bagian untuk lapak buku kalau ada acara di PPU,” ucap Aparatur Sipil Negara (ASN) yang merupakan Sekretaris Lurah (Seklur) Kampung Baru, Kecamatan PPU penuh semangat.

Ketika ditanya tentang dukungan buku bacaan, ia mengemukakan bahwa memang masih minim dan didukung dari kalangan terbatas. Ia pun berharap dapat bergabung dengan Pustaka Bergerak Indonesia (PBI) agar kelak dapat kiriman Buku Gratis.

Bagikan berita ini:
7
10
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar