Inspirasi Dosen Aliman, Mengajar Online Malam di Tengah Minimnya Akses Internet

0 Komentar

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Salah seorang dosen di salah satu perguruan tinggi swasta di Makassar, kesulitan mencari sinyal internet untuk mengajar.

Kabar tersebut diterima oleh wartawan Fajar.co.id, dalam bentuk percakapan di grup WhatsApp.

Di situ memperlihatkan seorang dosen yang memakai kaus oblong warna biru, keluar pada malam hari dari rumahnya menggunakan sepeda motor.

Salah satu akun yang berada dalam grup itu mengatakan, dosen tersebut merupakan suaminya yang kesulitan dan pasrah tinggal di daerah yang sulit mengakses jaringan internet.

“Deritanya kodong suamiku jadi dosen online. Nasib tinggal di daerah susah sinyal, sudah mau tidur, terpaksa keluar cari sinyal,” tulis akun WhatsApp bernama Haflah Wedding.

Saat dicari tahu lebih dalam, dosen itu bernama Aliman Lc. Dia merupakan tenaga pengajar asal Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar.

Dia menceritakan apa yang ia rasakan selama mengajar via online. Tepatnya senjak universitas tempat mengajarnya itu diliburkan akibat virus corona atau covid-19 sudah menyebar ke Indonesia.

“Kalau di rumah saya di daerah Patallasang, Kabupaten Gowa. Memang begitu kekurangan sinyal,” kata Aliman, Rabu (18/3/2020).

Berdasarkan dalam percakapan grup WhatsApp itu membenarkan, dirinya kerap keluar dari rumahnya untuk mencari sinyal baik.

“Itu kalau di rumah. Kalau saya keluar mencari tempat yang nyaman. Iya betul (diliburkan karena corona). Jadi biasa pakai itu (jaringan untuk mengajar),” tambahnya.

Kata dia, bukan istilah liburan yang digunakan setelah keputusan pihak kampus diberlakukan. Hanya saja, format pembelajaran yang diubah.

“Jadi jam pembelajaran itu berlangsung pada jam itu juga. Kalau via online memang. Satu dan dua hari kita coba, kelemahannya itu di jaringan yang tadi,” sambung pria berkulit cokelat ini, kepada fajar.co.id.

Beberapa dari mahasiswanya pun kadang terkendala oleh jaringan. Sehingga menghambat proses pembelajaran. Apalagi kalau kita pakai semacam aplikasi, biasa ada yang nyambung dan ada yang tidak,” terang dia.

Dikonfirmasi terpisah, Rektor Unismuh Makassar, Prof Dr Abdul Rahman Rahim SE MM, membenarkan bahwa aktivitas perkuliahan di kampus binaannya digantikan dengan sistem online.

Hal itu, kata dia, mengantisipasi peredaran virus corona di lingkungan Kampus Biru tersebut.

“Bukan libur. Tetapi kuliah dengan sistem dalam jaringan (Daring). Kiranya maklumat di atas menjadi dasar pemberitaan,” ujar dia. (Agus)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...