Mahasiswa UNM Manfaatkan Daun Bakau Ciptakan Hand Sanitizer

Rabu, 18 Maret 2020 11:11

Mahasiswa UNM sedang melakukan pengolahan daun bakau untuk hand sanitizer

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Mewabahnya virus corona di Indonesia membuat orang berlomba-lomba memproteksi diri mereka dengan membeli masker dan hand sanitizer. Dampaknya, kini membuat kedua barang tersebut langka di pasaran dan hampir tidak bisa ditemui.

Mengatasi kelangkaan tersebut, banyak pihak berinisiatif membuat hand sanitizer sendiri. Setelah UNHAS dan UMI, kini giliran UNM membuat hand sanitizer sendiri.

Monica Linda, Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknologi Pertanian (PTP) Universitas Negeri Makassar (UNM) yang membuat produk hand sanitizer dengan memanfaatkan daun mangrove/bakau.

Monica menyebut, kandungan yang terdapat pada daun mangrove tersebut mampu menjadi anti-mikroba yang ampuh membunuh virus termasuk corona.

“Kandungan dalam daun mangrove tersebut memiliki anti-oksida yang mampu menghambat laju pertumbuhan beberapa mikroba, termasuk virus corona,” ungkapnya di Lab PTP, Rabu (18/3/2020).

Sebelumnya, Ketua Prodi PTP, Andi Sukainah menyebut produk tersebut telah dilakukan penelitian yang mendalam.

“Kalau mangrove ini sudah kami teliti sejak setahun yang lalu, jadi kami sudah tahu betul bagaimana manfaatnya,” kata Sukainah.

Ke depan, pihaknya berencana membagikan hand sanitizer tersebut ke berbagai civitas UNM

“Dan begitu mewabahnya virus corona ini, saya meminta kepada Mahasiswa untuk memproduksi lebih banyak lalu kita akan bagikan kepada civitas UNM,” terangnya. (iqbal/fajar)

Bagikan berita ini:
1
8
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar