Piala Eropa dan Copa America Resmi Ditunda, Ini Tanggapan FIFA

Gianni Infatino/Getty Images

FAJAR.CO.ID, NYON—Piala Eropa 2020 dan Copa America 2020 resmi ditunda ke musim panas 2021 akibat merebaknya virus corona. Keputusan itu diambil dalam pertemuan UEFA dan CONMEBOL malam tadi.

Menanggapi keputusan ini, FIFA telah merilis pernyataan terperinci. Presiden FIFA, Gianni Infantino, mengatakan menerima keputusan UEFA dan CONMEBOL untuk memindahkan turnamen mereka. Menurutnya, mereka harus mengambil keputusan yang tepat di masa-masa sulit ini.

“Menemukan solusi yang tepat dan adil di tingkat global sangat penting. Ini membutuhkan persatuan, solidaritas dan rasa tanggung jawab bersama dan kita perlu memikirkan semua orang di seluruh dunia yang berpotensi terkena dampak oleh keputusan kita,” kata Infantinio dikutip dari NBC Sports.

"Dengan pemikiran ini, FIFA terus-menerus berdiskusi dengan konfederasi, asosiasi anggota, dan pemangku kepentingan lainnya dari seluruh dunia, juga mengingat bahwa kesehatan pertama dan solidaritas olahraga yang kedua adalah pertimbangan terpenting bagi dunia sepakbola," lanjutnya.

Infantino kemudian mengungkapkan langkah-langkah yang akan diambil FIFA di tengah pandemi virus corona. Berikut langkah-langkah tersebut:

Menerima penundaan Copa América 2020 dan Piala Eropa 2020 hingga Juni / Juli 2021;

Memutuskan pada tahap selanjutnya - ketika ada kejelasan lebih lanjut tentang situasi - kapan menjadwal ulang Piala Dunia Klub FIFA yang baru, kemudian pada 2021, pada 2022 atau pada 2023;

Berdiskusi dengan FA Cina dan Pemerintah Cina mengenai penundaan FIFA Club World Cup yang baru dari tahun 2021 untuk meminimalkan dampak negatif; dan

Membahas dampak dari perubahan ini pada kalender dengan konfederasi, Asosiasi Anggota dan pemangku kepentingan lainnya dan bekerja pada Kalender Pertandingan Internasional saat ini dengan tujuan menemukan solusi yang tepat untuk semua orang untuk diusulkan segera setelah keadaan memungkinkan, semoga sebelum akhir bulan April. (amr)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Amir


Comment

Loading...