Sulsel Mandiri Hadapi Corona

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Warga Sulsel dan Sulbar tak perlu panik. Sulsel bisa mandiri menghadapi ancaman virus Corona.

SAAT ini, Sulsel punya Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Wahidin Sudirohudodo yang merupakan rumah sakit terbesar di kawasan timur Indonesia. Peralatan lengkap dan sudah pengalaman menangani pandemik.

Satu-satunya yang masih membuat Sulsel bergantung pada Jakarta adalah laboratorium uji sampel Covid-19. Namun, tak lama lagi, laboratorium di Makasassar juga bakal beroperasi. Dengan begitu, Sulsel akan makin mandiri.

Jika beroperasi, maka semua sampel tak perlu lagi dikirim ke Balitbangkes Kemenkes di Jakarta. Hasilnya uji laboratorium pun akan lebih cepat ketahuan ketika Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Makassar beroperasi menguji sampel suspect Corona.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Korona Achmad Yurianto menjelaskan, balai akan menjadi salah satu pusat uji sampel di wilayah KTI. Saat ini, tim dari BTKLPP Makassar sementara mengukuti On The Job Training (OJT) atau magang di Balitbangkes.

Tim kesehatan tersebut dilatih keterampilannya dalam menangani pemeriksaan sampel pasien suspect Corona. Khusus untuk kawasan KTI, ada dua kota yang disiapkan sebagai pusat pemeriksaan: Makassar dan Manado.

BTKLPP Makassar sudah memiliki peralatan berupa polymerase chain reaction (PCR) yang memang khusus untuk mendeteksi virus, salah satunya korona. Hanya dalam 15 menit, alat ini sudah bisa mendeteksi virus dengan akurat.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Fadel


Comment

Loading...