Teriakan Napi di Hadapan Petugas Lapas Narkotika: Ada Rokok Pak?

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Ratusan warga binaan duduk di lapangan Lapas Narkotika Sungguminasa.

Di bawa terik matahari, mereka berjemur bersama petugas lapas. Terik matahari itu memang tidak terlalu panas. Maklum, jarum jam masih menunjukkan pukul 08.30 Wita. Jadi terik matahari tidak juga terlalu dingin.

Katanya, virus corona tidak akan menular ke orang-orang yang suka berjemur di terik matahari, pada pagi hari. Mereka tetap riang gembira, bercanda, dan tidak kaku di depan petugas.

Salah satu dari warga binaan berdiri. Di sana, dia berteriak dan bersorak gembira. Menyapa semua rekan-rekan di sekelilingnya.

Bahkan warga binaan yang memakai pakaian biasa itu, mencoba bercanda di depan petugas. “Ada rokok gak pak,” teriak penghuni lapas tersebut.

Rekan-rekannya pun tertawan mendengar candaan itu. Namun Kepala Pengamanan Lapas Narkotika, Wandy tak menggubris.

Tetapi dia tetap tersenyum, dan menyapa warga binaan lain, yang sedang berjemur untuk menangkal virus corona atau covid-19. Virus mematikan asal negara China.

Warga binaan lapas yang berjemur di lapangan itu sekitar 600 orang. Namun itu dilakukan secara bertahap. Dikarenakan kapasitas lapangan yang tak mencukupi, jika mereka serentak berjemur.

“Ketika mereka dijemur, walaupun bukan dari virus corona, virus lain bisa dikategorikan mati atau tidak. Metode ini (berjemur) lazim dilakukan untuk mengurangi penyakit lain,” kata Program Manager Rehabilitasi Sosial Lapas Narkotika Bolangi, Andi mappamewa saat ditemui di lokasi, Rabu (18/3/2020). (agus/fajar)

  • Bagikan