Uji Sampel Suspect Corona Sudah Bisa di BTKLPP Makassar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Pemeriksaan sampel suspect corona tak hanya berpusat di Balitbangkes Jakarta. Khusus wilayah Kawasan Indonesia Timur (KTI) akan terpusat di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Makassar.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Korona, Achmad Yurianto menjelaskan, tim dari BTKLPP Makassar sementara mengukuti On The Job Training (OJT) atau magang di Balitbangkes. Tim kesehatan tersebut dilatih keterampilannya dalam menangani pemeriksaan sampel pasien suspect corona.

Khusus untuk kawasan KTI, ada dua kota yang disiapkan sebagai pusat pemeriksaan. Yakni, kata dia, adalah Makassar dan Manado. Khusus Makassar pemeriksaan sampel akan berpusat di BTKLPP yang memang sudah memiliki peralatan yakni PCR yang memang khusus untuk mendeteksi virus, salah satunya corona.

“Saat ini di Makassar alat itu baru ada di Balai kita yah. Untuk di rumah sakit Wahidin dan Rumah Sakit Unhas, kami konfirmasi belum ada alatnya,” beber pria yang menjabat sebagai Sesdirjen P2P Kemenkes ini kepada FAJAR, kemarin.

Pelatihan tim media sendiri akan berlangsung selama sepekan. Paling lambat, kata dia, pekan depan sampel pasien yang suspect khusus wilayah KTI tak perlu ke Balitbangkes di Jakarta. Cukup diperiksa di Makassar.

Dia mengakui, saat ini pemeriksaan sampel berupa lendir di hidung dan belakang tenggorokan memang masih berpusat di Balitbangkes. Mereka kerap menerima kiriman sampel dari rumah sakit, termasuk di Sulsel.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah Umar


Comment

Loading...