Unhas Miliki Lab Standar BSL-2 dan BSL-3, Siap Lakukan Uji Covid-19

Rabu, 18 Maret 2020 09:40

Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Universitas Hasanuddin melalui Satuan Tugas Covid-19 yang dibentuk beberapa waktu lalu, melakukan serangkaian pertemuan dan koordinasi untuk membahas respon kampus dan daerah terhadap wabah Covid-19 yang menunjukkan gejala peningkatan.

Rangkaian pertemuan maraton berlangsung pada Selasa (17/3) mulai pukul 15.30 Wita, berlangsung di Ruang Kerja Rektor, Kampus Unhas Tamalanrea.

Pertemuan yang dipimpin langsung oleh Rektor Unhas, Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu,ini diikuti oleh Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Kemitraan, para Dekan dari Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Fakultas Farmasi, Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), Direktur Rumah Sakit Unhas, Direktur Rumah Sakit Gigi dan Mulut, Direktur Komunikasi, serta Kepala Rumah Sakit Sayang Rakyat, dan perwakilan dari Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo.

Mengawali pertemuan, Rektor Unhas mengatakan bahwa melihat perkembangan penanganan Covid-19 yang menunjukkan gejala terus meningkat, maka sekarang waktunya bagi Unhas untuk turun tangan dan mengambil inisiatif berkontribusi bagi upaya mengatasi wabah secara proaktif.

“Penanganan wabah Covid-19 membutuhkan keterlibatan serius. Apalagi ada gejala peningkatan pasien, baik yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Sulawesi Selatan. Sampai saat ini belum ada pasien positif di Sulawesi Selatan. Namun kita harus siap-siap jika sampai terjadi outbreak,” kata Dwia.

Rektor Unhas menegaskan bahwa berbagai pihak diharapkan terlibat aktif dalam menenangkan masyarakat, untuk mencegah terjadinya kepanikan. Masyarakat perlu diberi kepercayaan bahwa masalah Covid-19 ini bisa dideteksi dan bisa dilakukan penanganan pada berbagai level.

Bagikan berita ini:
3
4
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar