Jemaah Ijtima Dunia Zona Asia 2020 Dipulangkan Bertahap, Asing Dikarantina di Hotel

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Ijtima Dunia Zona Asia 2020 yang rencananya digelar di Gowa resmi dibatalkan. Itu mengacu surat edaran pencegahan covid-19, untuk tidak melakukan keramaian dan menunda event nasional maupu internasional.

Sekitar 8.223 orang terpaksa harus dipulangkan secara bertahap. Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayor Jenderal TNI Andi Sumangerukka membenarkan hal tersebut.

“Sekarang kita sudah upaya untuk memulangkan mereka lewat angkutan, yang lewat udara kita pulangkan pakai pesawat begitupun yang lewat laut kita pulangkan pakai kapal. Yang jelas, kita akan memulangkan mereka secara bertahap,” ucapnya pada fajar.co.id, Kamis (19/3/2020).

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah juga tak menampik hal tersebut, kata dia, bagi yang tidak memiliki tiket, pihaknya akan mengupayakan agar pemulangan dapat berjalan sesuai yang diharapkan.

“Bagi yang tidak punya tiket, itu akan kita upayakan. Tadi kita pembagian tugas, Pangdam mengkoordinir untuk pemulangan dari Pakatto, Kapolda juga Dirlantas sudah mengatur untuk pemulangan ini,” bebernya usai menggelar rapat bersama forkopimda terkait pemulangan peserta ijtima.

Diketahui, kata dia, asrama haji akan menjadi tempat untuk menampung peserta ijtima dari luar Sulawesi Selatan, sekaligus akan diisolasi selama 14 hari.

“Pemanfaatan asrama haji. Kita pasang tenda besar dan sediakan dapur umum. Toilet umum untuk menampung semua warga kita dari luar provinsi Sulsel,” lanjutnya.

Komentar

Loading...