Kemenkumham Bangun Sinergitas dalam Pelaporan Ranham

Kamis, 19 Maret 2020 21:58

FAJAR.CO.ID, MAMUJU — Dalam mewujudkan pembangunan sesuai Nawacita Presiden RI, pemerintah berupaya mensinergikan setiap program kebijakan yang diambil baik di tingkat pusat maupun daerah agar selaras dengan kepentingan HAM melalui program Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (Ranham). 

Kanwil Kemenkumham Sulbar, Harun Sulianto dalam Rapat Koordinasi terkait persiapan, evaluasi dan Bimtek  pelaporan Ranham menyampaikan salah satu strategi yang dilakukan dalam kegiatan ini yakni bersinergi dengan instansi terkait terutama pemerintah daerah maupun pemerintah provinsi.

“Untuk sekarang ini sinergi antara pemerintah daerah dengan Kanwil Kemenkuham Sulbar sangatlah baik, dimana tahun 2019 pelaporan Ranham telah memenuhi target,” kata Harundi Aula Baharuddin Lopa Kanwil setempat.

Melalui Rapat Kerja ini diharapkan program dan implementasi Aksi HAM dapat mendorong masyarakat lebih memahami nilai-nilai hak asasi manusia, membangun semangat, mewujudkan komitmen, dan memperkuat rasa tanggung jawab bersama, guna menciptakan sinergi antar lembaga.

Rapat yang diikuti Kabag Hukum dan para operator pelaporan Ranham se- Sulawesi Barat ini dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Sulbar, Sri Lastami dan Muhammad Fitri Latif, SE, selaku operator pelaporan aksi HAM Bappeda Sulbar. 

Sri Lastami menyampaikan dalam rancangan aksi HAM terdapat 4 sasaran utama yang perlu diperhatikan. Yakni peningkatan pemenuhan hak perempuan, hak anak, hak penyandang disabilitas dan hak masyarakat. Kepala Bidang HAM Kemenkumham Sulbar, Munir juga hadir dalam kegiatan ini. (rls) 

Komentar