Pasar Induk Beras Lapadde, Mati Suri?

Kamis, 19 Maret 2020 11:48

FAJAR.CO.ID, PAREPARE – Pasar Induk Beras (PIB) yang berlokasi di Lapadde, Parepare belum beroperasi sesuai harapan. Tak sedikit petani ogah berurusan dengan pihak Bulog.

Sejauh ini, petani dan pedagang masih lebih suka mengdrop beras mereka ke pedagang besar atau berhubungan langsung dengan pembeli dibandingkan di pasar yang diklaim mampu menampung beras sekitar 100 ribu ton tersebut.

Apakah kompleks gedung beras ini sudah mati suri atau beroperasi tetapi masih dalam skala besar?

Menurut Site Manajer PIB Parepare, Aan As Arry, pasar ini sebenarnya sudah pernah beroperasi. Malah sudah ada beberapa kios yang sudah siap ditempati dan bahkan sempat ada transaksi. Namun, kini tidak lagi. Pasar atau kios tersebut, tak lagi difungsikan.

Hal ini dikarenakan, hingga saat ini tak ada regulasi yang mengatur bagaimana sebaiknya pihak penjual dan pembeli bisa bertemu di lokasi gedung ini. Melakukan transaksi jual beli.

Olehnya itu, Aan berharap ada dukungan dari Pemerintah Provinsi Sulsel terkait hal ini. Khususnya, membuat regulasi yang jelas supaya daerah di sekitar Parepare, khususnya petani mau mengdrop hasil panen mereka ke PIB.

“Regulasi ini sudah lama digodok. Tetapi, belum ada sampai sekarang. Jadinya, kami juga belum bisa bergerak banyak,” kata Aan, Kamis (19/3/2020).

Komentar