Penampil Terbaik Liga Inggris, Italia, Spanyol, Jerman, dan Prancis

Kamis, 19 Maret 2020 17:46

Pemain Atalanta Josip Ilicic/UEFA.com

FAJAR.CO.ID, MANCHESTER—Liga domestik terhenti sementara hampir di seluruh Eropa. Walau baru mendekati akhir, penampil terbaik di lima liga top Eropa setidaknya sudah diketahui sebelum pertandingan ditunda.

KALAU merujuk pada Whoschored, lima pemain dengan statistik terbaik di masing-masing liga adalah Lionel Messi, Kevin de Bruyne, Robert Lewandowski, Neymar, dan Josip Ilicic. Whoschored sebagai penyedia statistik menempatkan mereka sebagai pemain dengan rating tertinggi di liga masing-masing.

Di La Liga, Whoschored memberi nilain 8,61 untuk penampilan Messi sepanjang musim 2019/2020. Ia mengunggul rekan setimnya, Luis Suarez yang punya rating 7,56 dan gelandang Real Madrid, Casemiro dengan nilai 7,54.

Messi musim ini bermain 22 kali di La Liga termasuk 21 di antaranya sebagai starter. Dengan waktu bermain 1.891 menit, ia mencetak 19 gol dan 12 assist. Catatan itu jelas memang sangat luar biasa dan menempatkan kapten Barcelona itu sebagai pemain dengan keterlibatan gol tertinggi di La Liga.

Untuk Premier League, De Bruyne mendapat nilai tertinggi dari Whoschored, yakni 7,92. Gelandang 26 tahun Manchester City tersebut total bermain di 26 laga dan berhasil menyumbang delapan gol serta 16 assist.

Dengan akurasi umpan alias passing mencapai 81,7%, playmaker Belgia itu menjadi sosok yang sangat vital dalam skuat Pep Guardiola. Tidak mengherankan ia sudah meraih status man of the match tujuh kali sepanjang musim ini.

Di Bundesliga, status maestro liga tak terbantahkan menjadi milik Lewandowski. Bomber Bayern Munchen dan timnas Polandia itu mendapat rating 8,16 atau tertinggi ketiga di seluruh liga terbaik Eropa.

Lewy, sapaan Lewandowski musim ini sudah tampil 23 kali. Bermain sepanjang 2.042 menit, ia total telah mencetak 25 gol dan memberi tiga assist. Di antara semua pemain di lima liga top Eropa, jumlah gol Lewy hanya kalah dari striker Lazio, Ciro Immobile.

Meski sempat berkonflik dan cedera di awal musim, Neymar menjadi penampil terbaik Ligue 1 Prancis. Pemain termahal dunia milik PSG itu memang baru mencetak 13 gol dan enam assist. Tapi, itu sudah sangat sensasional mengingat ia baru bermain 15 kali musim ini.

Paling mengejutkan tentu saja Serie A dengan munculnya nama Josip Ilicic sebagai performer terbaik. Gelandang serang Atalanta berusia 32 tahun itu total bermain di 21 laga Serie A musim ini. Selain 15 gol, ia juga mempersembahkan lima assist.

Sebagai seorang gelandang, catatan itu jelas luar biasa. Jadi, cukup masuk akal jika ia bisa mengungguli rating superstar seperti Cristiano Ronaldo ataupun top skor sementara, Immobile yang menurut Whoschored berada di posisi kedua serta ketiga pemain dengan statistik terbaik di Liga Italia.

Angka-angka yang dimunculkan Whoschored sejalan dengan penilaian beberapa pemain. Gelandang Manchester City, Ilkay Gundogan, dalam sesi tanya jawab di Twitter sebagaimana dikutip dari Bleacher Report menunjuk Messi sebagai pemain terbaik di dunia.

Selain itu, ia menempatkan rekan setimnya, De Bruyne di posisi kedua. “Messi, De Bruyne, dan Kylian Mbappe,” tulis pemain Jerman itu di Twitter ketika diminta untuk menyebut tiga pemain top dunia versi dirinya saat ini.

Lalu bagaimana dengan pemain seperti Ilicic? Mungkin akan memantik perdebatan. Akan tetapi, rekan setimnya di Atalanta, Marten de Roon menggaransi Ilicic memang yang terbaik di Serie A musim ini.

“Josip adalah pemain yang aneh. Misalnya: Messi kecil tapi cepat. Dia bisa mengubah arah seperti Messi tetapi dengan pundak 190 cm. Dia sekarang menunjukkan permainan sepakbola terbaik di Italia, dia adalah yang terbaik di dunia,” tegas De Roon di Fanta Calcio.

Menurut gelandang asal Belanda itu, Ilicic musim ini menunjukkan level yang sangat tinggi. “Saya tidak ingin membandingkannya dengan Ronaldo, tetapi Josip berada di level yang sangat tinggi. Lebih mudah untuk bermain dengan Ilicic, Papu (Gomez) dan (Duvan) Zapata yang selalu menginginkan bola,” tandasnya. (amr)

PARA PENAMPIL TERBAIK LIGA TOP EROPA

Bagikan berita ini:
1
9
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar