Corona Hebat, Terornya Satukan Tiga Negara yang Tak Akur

Jumat, 20 Maret 2020 19:08

Ilustrasi. Foto: Istimewa

FAJAR.CO.ID — Meski jadi kekhawatiran global dan sudah meneror umat manusia, virus corona ternyata bisa mempersatukan Korea Selatan, Jepang, dan Tiongkok. Sudah menjadi rahasia umum bahwa hubungan ketiga negara tersebut tidaklah akur.

Menteri luar negeri dari tiga negara dengan hubungan panas dingin tersebut dijadwalkan melakukan konferensi video untuk membahas penanggulangan virus corona, Jumat (20/3).

Seperti diketahui, Tiongkok dan Korea Selatan memiliki sentimen negatif terhadap Jepang yang pernah menjajah mereka pada masa Perang Dunia II.

Di sisi lain, Tiongkok adalah sekutu terdekat Korea Utara, musuh bebuyutan dan ancaman terbesar bagi Korea Selatan. Tiongkok sendiri memandang selalu mewaspadai kedekatan Jepang dan Korea Selatan dengan Amerika Serikat.

Menteri ketiga negara diharapkan untuk berbagi informasi tentang wabah di negara mereka dan membahas cara untuk mencegah penyebaran virus lebih lanjut sambil mempertahankan pertukaran ekonomi.

Awal bulan ini, Korea Selatan mencabut kebijakan bebas visa untuk pendatang dari Jepang sebagai langkah pembalasan.

Sebelumnya Jepang melakukan pembatasan perjalanan untuk warganya ke Korea sebagai upaya mengendalikan epidemi virus corona, COVID-19.

Kekhawatiran akan virus corona menyalakan kembali perseteruan antara negara tetangga sejak sebelum Perang Dunia II.

Baik Tiongkok, maupun Korea Selatan telah melihat tren penurunan penyebaran virus corona secara lokal. Kini mereka sedang bergulat dengan meningkatnya jumlah kasus impor. (JPNN)

Komentar


VIDEO TERKINI