Partai Tunda Umumkan Usungan, Calon Was-was

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Darurat virus corona (Covid-19) tak hanya membatasi aktivitas masyarakat. Hiruk pikuk konstelasi Pilkada serentak 2020 juga terkena imbasnya.

Bakal calon kepala daerah (Bacakada) yang sementara menunggu keputusan partai politik yang akan mengusung juga ikut was-was. Beberapa partai politik terpaksa menunda pengumuman usungan mereka.

PDIP misalnya, minggu ini dijadwalkan akan diumumkan beberapa usungan melalui penyerahan surat tugas. Itu sesuai janji Sekjend DPP PDIP Hasto Kristiyanto saat menghadiri Rakorda I PDIP Sulsel dua pekan lalu.

Hanya saja hingga saat ini belum ada pengumuman soal usungan di 10 kabupaten/kota. Dua daerah sebelumnya, Bulukumba dan Selayar telah diumumkan akhir bulan Februari lalu.

"Iye, belum ada info," kata Ketua DPD PDIP Sulsel, Andi Ridwan Wittiri saat dikonfirmasi soal pengumuman usungan PDIP di Pilkada serentak, Jum'at (20/03/2020).

Hal yang sama terjadi di Partai Gerindra. Setelah mengirimkan hasil fit and proper test beberapa waktu lalu. Seharusnya sudah ada beberapa usungan yang diumumkan DPP.

Sekretaris DPD Gerindra Sulsel, Darmawangsah Muin mengakui sudah ada beberapa nama yang diputuskan oleh DPP. Hanya saja pengumumannya tertunda karena fokus partai membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19.

"Sudah ada (empat usungan) di Ketua DPD. Cuma belum diumumkan. Rencananya mau bersamaan dengan Rakerda akhir bulan ini, cuma terpaksa ditunda mengikuti arahan pemerintah," ungkap Darmawangsah. (mirsan/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah Umar

Comment

Loading...