Sejumlah Masjid di Jakarta Abaikan Instruksi Anies Baswedan


FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Sejumlah masjid di wilayah DKI Jakarta mengabaikan imbauan Gubernur Anies Baswedan, tentang penundaan sementara ibadah berjamaah dalam rangka mencegah penyebaran virus corona. Salat Jumat akan tetap berlangsung di masjid-masjid tersebut hari ini.

Terkait hal tersebut, Dewan Masjid Indonesia (DMI) DKI Jakarta mengimbau masjid-masjid yang tetap menyelenggarakan ibadah salat Jumat, agar menerapkan protokol kesehatan sebelum dan saat beribadah.

“Memang ada beberapa masjid yang konfirmasi tetap mengadakan salat Jumat, maka itu kita imbau tetap menerapkan protokol kesehatan,” kata Ketua DMI DKI Jakarta Makmun Al Ayubi saat dikonfirmasi oleh ANTARA di Jakarta, Jumat (20/3).

Makmun mengatakan sejak Kamis (19/3) malam pihaknya menerima banyak panggilan masuk dan pesan instan dari sejumlah pengurus masjid. Sebagian melaporkan rencana menunda salat Jumat. Sedangkan sebagian lagi bersikeras tetap melaksanakan.

Menurut dia, pembatasan aktivitas di tempat ibadah termasuk mengganti salat Jumat di masjid dengan melaksanakan salat Dzuhur di rumah bersifat anjuran atau imbauan yang tidak disertakan sanksi bila tidak melaksanakannya.

Dengan tidak adanya sanksi ini, lanjut Makmun, masyarakat boleh-boleh saja menaati imbauan pemerintah atau tetap melaksanakan ibadah sesuai keyakinannya.

“Kami (DMI) serukan semuanya itu untuk menunda 20-27 Maret, tetapikan seruan tidak ada sanksi, menjadi catatan saja buat kami,” kata Makmun.

Komentar

Loading...