Tangani Covid-19, PSI Minta Pemerintah Ambil Langkah Luar Biasa

Jumat, 20 Maret 2020 14:59

Ilustrasi. Foto: Istimewa

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Meningkatnya warga yang positif terinfeksi Covid-19 termasuk ditemukannya 2 pasien di Sulawesi Selatan, menjadi keprihatinan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Sulsel. Karena itu, PSI Sulsel meminta pemerintah serius melakukan penanganan virus mematikan tersebut.

Tak hanya pemerintah, PSI berharap agar seluruh warga menerapkan pola hidup sehat dengan baik, dan melakukan karantina mandiri di rumah masing-masing.

“Selain partisipasi warga, pemerintah harus mengambil langkah-langkah luar biasa untuk penanganan kesehatan di seluruh rumah sakit karena keterbatasan tenaga medis, dan fasilitas akan sangat menyulitkan saat terjadi lonjakan pasien,” kata Ketua PSI Sulsel, Fadli Noor ke fajar.co.id, Jumat (20/03/2020)

PSI mendorong Presiden Joko Widodo segera mengeluarkan regulasi khusus terkait pengadaan barang & jasa utamanya untuk alat pelindung diri (APD) bagi para tenaga medis. Serta regen untuk pemeriksaan agar rumah sakit tidak terkendala untuk pengadaan dalam kondisi darurat.

Fadli juga meminta agar Gubernur Sulsel, HM Nurdin Abdullah dapat menyerukan pada seluruh Perusda, BUMN dan korporasi yang beroperasi di Sulsel agar menyisihkan dana CSR.

“Termasuk anggaran promosinya untuk membantu pengadaan APD dan regen mesin PCR agar pemeriksaan pasien dan penanganannya dapat berjalan lebih baik,” ungkapnya.

Hingga saat ini tercatat ada 7 rumah sakit rujukan Covid19 yang ada di Sulsel, yaitu: RSUP dr. Wahidin Sudirohusodo, RS Dr. Tadjuddin ,RSU Lakipadada Toraja, RSUD Kab. Sinjai, RSUD Labuang Baji, RS Tk.II Pelamonia serta RSU Andi Makkasau Parepare. (mirsan/fajar)

Bagikan berita ini:
3
9
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar