Kebijakan Dana Taktis Lawan Covid-19, DPRD Dukung Pemprov Sulsel

Sabtu, 21 Maret 2020 14:42

Wakil Ketua Banggar DPRD Sulsel, Fachruddin Rangga. (Fajar.co.id)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Peran melawan pandemi virus corona (Covid-19) tak hanya dilakukan Pemprov Sulsel. DPRD Sulsel, sebagai mitra pemerintah juga mendukung upaya dan langkah yang diambil Gubernur Sulsel, HM Nurdin Abdullah beserta jajarannya.

Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPRD Sulsel, Fachruddin Rangga mengatakan pihaknya mendukung penuh rencana Pemprov Sulsel menggeser anggaran APBD 2020.

“Rapat pimpinan diperluas kemarin juga sudah membahas tentang itu. Langkah cepat tentu pihak eksekutif sudah melakukan itu (perubahan parsial),” kata Fachruddin kepada fajar.co.id, Sabtu (21/03/2020).

Nantinya hasil perubahan penggunaan akan disampaikan Pemprov Sulsel ke DPRD untuk mendapat persetujuan. Fahruddin bilang persetujuan tersebut bisa dilakukan di level pimpinan DPRD saja, karena aturan membolehkan hal tersebut.

Politisi partai Golkar itu bilang dalam kondisi darurat seperti sekarang ini perubahan parsial APBD sudah diatur dalam Undang-undang nomor 12/2019 tentang pengelolaan keuangan daerah dan Permendagri 33/2019 tentang pedoman penyusunan APBD 2020.

“Aturan ini memungkinkan dalam situasi daerah mengalami keadaan darurat, Gubernur bersama perangkat OPD terkait dapat melakukan perubahan parsial dan hasilnya disampaikan ke DPRD untuk mendapatkan persetujuan,” jelasnya.

Rencana pergeseran anggaran sendiri telah diungkapkan oleh Plt Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Sulsel, Junaedi. Itu dilakukan untuk mengantisipasi anggaran penanganan Covid-19.

“Kita punya belanja tak terduga sekitar Rp20 miliar. Kalau ini masih kurang, sesuai edaran Kemendagri bisa mengambil saldo kas yang ada. Tentu ini nantinya akan ada pergeseran anggaran,” ungkapnya. (Mirsan)

Bagikan berita ini:
3
6
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar