Warga New York Lawan Corona dengan Perbanyak Bersepeda

Minggu, 22 Maret 2020 20:43

Warga berjalan kaki dan menaiki sepeda di 7th Avenue sekitar Times Square, Manhattan. Warga New York jadi banyak yang be...

FAJAR.CO.ID, NEWYORK — Warga New York, Amerika Serikat (AS), memilih bersepeda untuk menghindari penularan virus corona dari kerumunan massa di transportasi umum.

Kegiatan bersepeda ini mulai marak digalakkan sejak virus corona menyebar di “Negeri Paman Sam”. Sebab, pada moda transportasi umum seperti kereta bawah tanah dan bus, risiko penularan cukup besar karena ramainya orang yang berkumpul.

Corona Citi Bike, program berbagi sepeda di kota, melaporkan lonjakan permintaan sebesar 67 persen awal bulan ini. Dari tanggal 1-11 Maret 2020, total ada 517.768 perjalanan, dibandingkan 310.132 perjalanan selama periode yang sama pada tahun lalu.

Banyaknya warga New York yang bersepeda juga terlihat di empat jembatan East River yang menghubungkan Manhattan dengan Brooklyn dan Queens. Lokasi itu adalah rute populer bagi para pengendara sepeda.

Cegah Penyebaran Corona Pada 9 Maret lalu, terdapat 21.300 penyeberangan sepeda hanya dalam satu hari, naik 52 persen dari tanggal yang sama tahun lalu (14.032 penyeberangan). Pada saat bersamaan, jumlah penumpang kereta bawah tanah dan kereta komuter yang membawa pekerja ke New York dari pinggiran kota mengalami penurunan drastis.

Orang-orang berusaha menghindari ruang yang penuh sesak, ditambah semakin banyak kantor yang mengimbau karyawannya bekerja dari rumah.

Selain New York, Chicago juga mencatatkan lonjakan tinggi dalam jumlah pengendara sepeda. Dari program berbagi sepeda, terlihat peningkatan dua kali lipat menjadi 82.112 perjalanan dari 1-11 Maret, dibandingkan 40.078 perjalanan untuk periode yang sama tahun lalu. Namun, lonjakan penggunaan sepeda belum terlihat di kota-kota lain yang terkena dampak virus corona.

Bagikan berita ini:
9
8
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar