APD Langka, Jubir Mantan Wapres JK Angkat Bicara

Senin, 23 Maret 2020 10:07

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Di tengah mewabahnya virus corona di Indonesia, ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD) menjadi keluhan utama pihak rumah sakit dalam menangani pasien.

Sebut saja Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo, sebagai rujukan utama penanganan corona di wilayah Indonesia Timur, telah melakukan berbagai upaya demi memenuhi kebutuhan, termasuk membuka donasi bantuan sumbangan APD.

Kelangkaan ini terjadi hampir di semua rumah sakit rujukan penagangan virus corona, hal tersebut dipengaruhi jumlah pasien yang memeriksakan diri semakin bertambah dengan stok APD yang semakin menipis.

Bahkan, pemerintah akan mengimpor APD untuk memenuhi kebutuhan stok di tanah air.

Menanggapi hal tersebut, Jubir mantan Wapres Jusuf Kalla, Husain Abdullah angkat bicara, Ia mempertanyakan peran toko penyedia obat-obatan di Sulsel, bahkan untuk hand sanitizer tidak ada.

“Kemana semua itu rekanan alat kesehatan di Makassar? Distributor-distributor obat-obatan. Kenapa tidak bisa bantu walapun sekadar hand sanitizer dengan APD lainnya. Apa cuma mau untungnya saja?,” ungkapnya, Senin (23/3/2020)

Mantan wartawan senior itu pun menilai sudah saatnya para distributor obat-obatan mengambil peran dalam membantu pencegahan virus corona.

“Bertahun tahun nikmati keuntungan. Bisnis tidak pernah merugi, Sekarang waktunya sisihkan sebagian keuntungan buat tenaga medis,” kata Husain. (iqbal)

Bagikan berita ini:
7
3
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar