Diskes Sulsel Pastikan Alat Rapid Tes Corona Tiba di Makassar pada Rabu

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan terus berbenah dalam melengkapi peralatan laboratorium di Rumah Sakit Wahidin dan Rumah Sakit Unhas. Mengingat kasus korban covid-19 di Sulawesi Selatan meninggal dunia sebelum hasil tes darah keluar dari laboratorium Jakarta.

Tentu hal ini menjadi perhatian khusus bagi pemerintah provinsi Sulsel dan stackholder lainnya, untuk terus berupaya mendapatkan izin dan legitimasi dari Kementerian Kesehatan agar dapat menggunakan laboratorium di Sulsel.

Kendati demikian, diprediksi alat rapid tes corona akan tiba pada Rabu ini. Hal tersebut dibenarkan Sulaiman Abd Hakim, Seksi Pelayanan Kesehatan Diskes Sulsel.

“Alat untuk rapid tesnya kemungkinan Rabu sudah bisa, karena sudah dalam perjalanan ke Makassar,” ucapnya, Senin (23/3/2020).

Sulaiman Abd Hakim yang sekaligus yang tergabung dalam Tim Gugus Tugas tersebut mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan beberapa rumah sakit.

“Kami menyiapkan beberapa rumah sakit penyangga tapi semua butuh proses, karena tidak serta merta bisa langsung ditunjuk. Kita harus memikirkan tenaga medis yang di depan bagaimana keselamatan mereka. Jadi sebelum menerima pasien, harus dilengkapi APD yang memadai dan tim harus lengkap,” katanya.

Sebelumnya Gubernur Sulawesi Selatan juga mengatakan sisa menunggu legitimasi dari Kementerian Kesehatan.

“Kita hanya minta legitimasi dari Kemenkes, kalau diizinkan kita mampu. Kalau cek sendiri itu hanya hitungan jam saja,”tutupnya beberapa hari lalu. (qyswanty/fajar)

  • Bagikan